Advertisement

Demo Buruh 1 Mei 2024: Massa Padati Patung Kuda, Desak Pencabutan Omnibus Law

Dwi Rachmawati
Rabu, 01 Mei 2024 - 13:37 WIB
Sunartono
Demo Buruh 1 Mei 2024: Massa Padati Patung Kuda, Desak Pencabutan Omnibus Law Massa aksi demo buruh memadati kawasan Patung Kuda di depan Monumen Nasional (Monas), Jakarta untuk menyampaikan aspirasi pada Hari Buruh atau May Day 2024. /BISNIS - Dwi Rachmawati.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Massa aksi demo buruh memadati kawasan Patung Kuda di depan Monumen Nasional (Monas), Jakarta untuk menyampaikan aspirasi pada Hari Buruh atau May Day 2024.

Berdasarkan pantauan JIBI/Bisnis Indonesia, Rabu (1/5/2024), barisan rombongan buruh terlihat dari Jalan Merdeka Selatan dan Kebon Sirih sejak pukul 09.00 WIB. Beragam warna bendera serikat pekerja menghiasi arak-arakan barisan buruh.

Advertisement

Alunan musik dari sound system yang dibawa di atas mobil pickup mengiringi aksi para buruh pagi hingga siang ini. Mereka berorasi di tengah bundaran air mancur di depan Monas. Dalam orasinya, buruh menyampaikan tuntutan mereka atas perbaikan sistem ketenagakerjaan di Indonesia.

BACA JUGA : Peringatan Hari Buruh 2024, Buruh Tuntut Penghapusan Upah Murah hingga Pencabutan UU Cipta Kerja

Omnibus Law Cipta Kerja masih menjadi tema utama dalam orasi para pemimpin kelompok aksi buruh. Mereka mengeluhkan upah pekerja yang dianggap rendah dan tidak layak di tengah kenaikan harga bahan-bahan pokok.

Di sisi Jalan Merdeka Barat arah Istana Kepresidenan terpantau barikade pasukan keamanan dari Kepolisian hingga pagar beton berkawat melintang menutup jalan menuju kantor Presiden Joko Widodo itu. Sebelumnya, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melakukan aksi demo buruh pada May Day 2024 hari ini, Rabu (1/5/2024).

Dalam aksi tersebut, para buruh menuntut pencabutan Omnibus Law UU Cipta Kerja dan penghapusan upah murah. Presiden KSPI, Said Iqbal, mengatakan setidaknya ada 2 tuntutan utama yang akan diserukan buruh peserta May Day 2024 di seluruh Indonesia, yakni pencabutan Omnibus Law UU Cipta Kerja dan HOSTUM atau Hapus OutSourcing Tolak Upah Murah.

"Sebanyak 200.000 orang lebih akan mengikuti May Day di seluruh Indonesia, antara lain di Jakarta, Bandung, Serang, Surabaya, Semarang, Batam, Makassar, Banjarmasin, Ternate, Mimika, dan lain sebagainya," kata Said dalam siaran pers, Selasa (30/4/2024).

Ditlantas Polda Metro Jaya menyampaikan imbauan lalu lintas kepada pengguna jalan di DKI Jakarta seiring adanya peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada hari ini, Rabu (1/5/2024). Polisi mengimbau kepada para pengendara untuk menghindari jalan di seputaran Gelora Bung Karno (GBK) dan Patung Kuda, Silang Monas, Jakarta Pusat, karena lokasi tersebut merupakan titik aksi demo buruh.

BACA JUGA : Polisi Kerahkan Ribuan Personel untuk Amankan Peringatan Hari Buruh

“Rencananya kegiatan tersebut dilaksanakan mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00 WIB,” demikian keterangan Polda Metro Jaya melalui akun X/Twitter @TMCPoldaMetro, Rabu (1/5/2024). Selain itu, apabila terdapat perubahan, maka nantinya pihak Polda Metro Jaya akan menyampaikan informasi lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Lima Pasar Rakyat di Bantul Diperbaiki dengan APBD 2024

Bantul
| Selasa, 21 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement