Advertisement

Pesawat Japan Airlines Tabrakan dengan Pesawat Lain, Kemenlu Pastikan Tak Ada WNI Jadi Korban

Erta Darwati
Rabu, 03 Januari 2024 - 17:47 WIB
Arief Junianto
Pesawat Japan Airlines Tabrakan dengan Pesawat Lain, Kemenlu Pastikan Tak Ada WNI Jadi Korban Japan Airlines - Ist/JAL

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) memastikan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dari insiden tabrakan pesawat Japan Airlines di Bandara Haneda, Selasa (2/1/2024). 

Juru bicara Kemenlu, Lalu Muhammad Iqbal menyatakan bahwa seluruh penumpang Japan Airlines selamat dan tidak ada WNI yang menjadi penumpang dari pesawat tersebut.  "Semua penumpang selamat. Tidak ada WNI. Saat ini penerbangan dari Haneda sudah kembali normal," katanya, kepada awak media, Rabu (3/1/2024). 

Advertisement

Kemenlu sebelumnya mengatakan bahwa KBRI Tokyo sedang menyelidiki kemungkinan adanya WNI yang menjadi penumpang dari Pesawat Japan Airlines yang mengalami insiden tabrakan itu. 

Direktur Perlindungan WNI Kemenlu, Judha Nugraha mengatakan bahwa KBRI Tokyo berkoordinasi dengan otoritas Bandara Haneda.  "Saat ini KBRI Tokyo sedang berkoordinasi dengan otoritas Bandara Haneda mengenai kemungkinan adanya penumpang WNI pada pesawat JAL tersebut," ujarnya, Rabu. 

Selain itu, Judha juga mengatakan bahwa KBRI Tokyo juga mengantisipasi kemungkinan adanya WNI yang tertahan di Bandara Haneda.  "KBRI juga mengantisipasi adanya kemungkinan WNI yang stranded [terdampar] di Bandara Haneda karena adanya pembatalan sejumlah penerbangan," ucapnya. 

BACA JUGA: Kabar Terbaru Pesawat Japan Airlines Terbakar, 5 Korban Hilang Kini Dinyatakan Tewas

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa akibat insiden tabrakan pesawat Japan Airlines dengan pesawat penjaga pantai, lima orang dinyatakan tewas.  "Ada lima orang meninggal dunia dari pesawat penjaga pantai Jepang. Sedangkan seluruh penumpang dan kru pesawat JAL [Japan Airlines] selamat," lanjutnya. 

Diketahui, pesawat Japan Airlines mengalami kebakaran di Bandara Haneda sekitar pukul 17.55 JST pada Selasa (2/1/2024).

Pesawat penumpang jenis Airbus maskapai Japan Airlines dilaporkan bertabrakan dengan sebuah pesawat penjaga pantai Jepang usai mendarat di Bandara Haneda. Sesaat kemudian terjadi ledakan yang memicu kobaran api muncul dari bagian bawah pesawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pakar UGM Sebut Kenaikan Beras Dapat Hambat Kemajuan Ekonomi

Sleman
| Minggu, 28 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement