Advertisement

JK Berbagi Pengalaman di Hadapan Juru Damai Se-Dunia

Media Digital
Kamis, 19 Oktober 2023 - 22:07 WIB
Maya Herawati
JK Berbagi Pengalaman di Hadapan Juru Damai Se-Dunia Wakil Presiden RI ke 10 dan 12, Jusuf Kalla, dalam acara pembukaan dialog perdamaian The Fifth EU Community of Practice on Peace Mediation (EU CoP)

Advertisement

JAKARTA—Wakil Presiden RI ke 10 dan 12, Jusuf Kalla, dalam acara pembukaan dialog perdamaian The Fifth EU Community of Practice on Peace Mediation (EU CoP). Kegiatan diprakarsai The European External Action Service (EEAS) dan  European Union (Masyarakat Eropa) di Kota Brussels, Belgia, Rabu (18/10/2023), tampil sebagai pembicara di hadapan sekitar 250 orang praktisi perdamaian dari berbagai organisasi sosial dan pemerintahan yang bergerak di bidang perdamaian dan kemanusiaan, 0rganisani-organisasi tersebut merupakan organisasi dalam lingkup Internasional.

Kalla diminta oleh EU untuk membagi pengalaman dalam menyelesaikan konflik di Poso, Ambon dan Aceh. Juga pengalamannya dalam menangani masalah Afghanistan dan Thailand Selatan

Advertisement

Jusuf Kalla menuturkan bahwa menyelesaikan konflik, harus didahului dengan pengetahuan yang sangat dalam dan komprehensif mengenai akar dari konflik itu. Tanpa pengetahuan yang dalam asumsi bisa salah, dan bila asumsi salah, maka metode dan pendekatannya pun salah. Kesalahan dalam asumsi dan metode, bukan hanya berakibat gagalnya perdamaian, tetapi justru bisa membuat eskalasi konflik yang lebih besar.

BACA JUGA: Musim Kemarau 10 Kapanewon di Bantul Dilanda Kekeringan, Ini Daftarnya

Salah satu contoh yang Jusuf Kalla ajukan sebagai contoh, adalah kasus Poso dan Ambon. Semua mengira bahwa itu adalah konflik horizontal yang dimotivasi oleh konflik agama antara Moslem dan Kristen. “Setelah saya turun ke lapangan, akar soalnya adalah masalah ketidakadilan politik dan ekonomi,” kata Kalla

“Mengapa harus melibatkan agama sebagai isu utama? Agama mereka peralat untuk mencari pengikut karena orang cenderung jadi subjektif mengenal agama. Lagi pula, agama selalu menjanjikan surga. Dalam konteks ini, agama dijadikan barang komoditi,” tegas Kalla.

Menyelesaikan konflik, kita harus mengawalinya dengan identifikasi yang akurat apakah konflik tersebut bersifat vertical (negara melawan kelompok pemberontak), horizontal (komunitas satu melawan komunitas lain), dan konflik Internasional. Khusus konflik horizontal, negara harus tegas untuk terlibat menengahinya. Jangan berpangku tangan, Untuk konflik vertical, harus ada orang lain yang menjadi mediator, seperti penyelesaian Aceh.

Penyelesaian konflik sekarang ini, di berbagai belahan dunia, motifnya beragam. Bentuknya pun macam-macam. Kalla menegaskan bahwa pada umumnya konflik-konflik tersebut, akar masalahnya ada pada ketidakadilan ekonomi dan politik. Pangkal soal inilah yang merembus ke mana-mana, termasuk ke konflik agama dan etnitas dan ras.

Kamis (19/10/2023), Kalla kembali tampil sebagai pembicara utama dalam diskusi perdamaian dari perspektif agama, khususnya Islam. Jusuf kalla diharapkan memberikan pengalaman empiric dan panduan kepada para mediator muda perdamaian dunia. Kalla dinantikan memberi petunjuk tentang metode penyelesaian konflik. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Info Stok dan Jadwal Donor Darah di DIY Hari Ini 4 Mei 2024

Jogja
| Sabtu, 04 Mei 2024, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement