Advertisement

Lereng Gunung Merbabu Kebakaran, Pemadaman Dilakukan dengan Alat Seadanya

Newswire
Kamis, 28 September 2023 - 16:07 WIB
Maya Herawati
Lereng Gunung Merbabu Kebakaran, Pemadaman Dilakukan dengan Alat Seadanya Upaya pemadaman kebakaran hutan lahan (karhutla) di Gunung Merbabu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (26/9/2023). (Antara - HO/BPBD Kabupaten Semarang)

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANGKebakaran satu hektare lahan di lereng kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu blok Hutan Spekta Merbabu, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah terjadi sejak Selasa (26/9/2023).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, telah dijinakkan dalam waktu 85 menit.

Advertisement

Menurut laporan staf Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, Ashadi, pemadaman bersama tim gabungan menggunakan alat-alat seadanya seperti sekop, parang, cangkul dan sabit.

BACA JUGA: Fasum Apartemen Malioboro City Diduga Digelapkan Pengembang, Korban: Bupati Sleman Tak Tegas!

Upaya tersebut kemudian membuahkan hasil. Dalam waktu kurang dari 90 menit atau pada pukul 19.25 WIB api dapat ditaklukkan. “Alhamdulillah sudah padam jam 19.25 WIB,” ujar Ashadi dalam keterangan tertulis Kamis (29/9/2023).

Ashadi mengungkapkan titik api pertama kali terpantau pada pukul 18.00 WIB. Kebakaran lahan semak ilalang dan pepohonan dengan luas kurang lebih satu hektare terjadi di lereng Gunung Merbabu sejak Selasa (26/9/2023).

Api kemudian merambat dan menyebar ke segala penjuru, diketahui pada pukul 18.00 WIB. Terkait dengan penyebab terjadinya kebakaran lahan tersebut sampai saat ini masih dalam penyelidikan lebih lanjut, kata Ashadi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Terbaru! Jadwal Kereta Api Prameks Jogja-Kutoarjo Senin 20 Mei 2024

Jogja
| Senin, 20 Mei 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menikmati Sendratari dan Pertunjukan Wayang di Jogja

Wisata
| Minggu, 19 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement