Advertisement

Dikritik Usai Usul Pembubaran KPK, Megawati Tak Peduli

Reyhan Fernanda Fajarihza
Rabu, 23 Agustus 2023 - 05:57 WIB
Sunartono
Dikritik Usai Usul Pembubaran KPK, Megawati Tak Peduli Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, Sabtu (24/6/2023), memberi pesan khusus ke Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terkait Pilpres 2024. - Dok. PDIP

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri tak peduli dikritik usai melontarkan usulan pembubaran KPK kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang viral di media sosial.

“Kalau saya ngomong gini nanti rame di media, karena kan dipotong, ibu Megawati tidak setuju dengan adanya KPK, bla-bla-bla. Tapi saya enggak peduli, kok,” katanya saat menghadiri konsolidasi relawan Ganjar Pranowo di Yogyakarta sebagaimana dikutip dari kanal YouTube KompasTV, Selasa (22/8/2023).

Advertisement

Hal tersebut dilontarkan Megawati kala menceritakan proses pembentukan KPK saat dirinya masih berstatus Presiden RI, bahwa kedudukan KPK sebagai komisi kurang kuat sehingga perlu dilakukan perubahan.

BACA JUGA : KPK Terus Dalami Dugaan Kasus Korupsi Sistem Proteksi TKI di Kemnaker

Dirinya mengaku telah mempertanyakan hal tersebut sejak awal perumusan KPK. Komisi yang bersifat ad hoc membuatnya khawatir bahwa KPK suatu saat bisa dibubarkan

“Padahal KPK itu saya yang bikin. Tadinya saya enggak mau teken. Saya bilang, kenapa itu komisi? Komisi itu sifatnya ad hoc, kenapa enggak ada yang lain, yang bisa lebih mantap [kedudukannya],” papar Megawati.

Dia kemudian menceritakan bahwa akhirnya melalui TAP MPR, KPK akhirnya didirikan sebagai lembaga yang membantu tugas aparat penegak hukum seperti kepolisian dan kejaksaan.

“Untung saya diingatkan, Ibu kalau enggak teken, maka akan disebut presiden yang tidak anti korupsi. Wah, betul juga, ya. Yo wes, teken wae,” kelakarnya.

BACA JUGA : Terkait Kasus Sekretaris MA, Windy Indonesian Idol Diperiksa KPK

Sebelumnya, Megawati baru-baru ini menyebut KPK tidak efektif dalam menjalankan tugasnya, dan sempat menyampaikan mengenai pembubaran KPK kepada Presiden Jokowi. Dia juga mengkritik etos kerja KPK yang dinilai enggan menjalankan hukum dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

KPP Sebut 90 Persen Tambang di Kali Progo Ilegal

Bantul
| Selasa, 02 Juli 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement