Advertisement

Sosialisasi Sawit Digelar di Jogja, Produk Turunan Diharapkan Bermanfaat untuk Warga

Sunartono
Sabtu, 29 Juli 2023 - 17:27 WIB
Sunartono
Sosialisasi Sawit Digelar di Jogja, Produk Turunan Diharapkan Bermanfaat untuk Warga Pelaksanaan sosialisasi Sawit Digelar dengan menyasar wilayah Jogja pada Sabtu (28/7/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Lembaga Kajian Strategi dan Pembangunan Pemerintah (LKSP) bersama Badan Pengelola Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), menggelar sosialisasi kelapa sawit di Hotel Ros In, Bantul, Sabtu (22/7/2023). Kegiatan itu mendorong pemanfaatan hasil sawit untuk kepentingan masyarakat.

Sosialisasi bertajuk Hilirisasi Produk Turunan Kelapa Sawit untuk Kebangkitan Ekonomi Kerakyatan menghadirkan Anggota Komisi XI Kahar Muzakir yang diwakili oleh Raden Muhamad Mas Wibisono, Direktur BPDPKS Eddy Abdurrachman diwakili oleh Sultan Muhammad Yusa selaku Senior Promotion and Partnership Analyst BPDPKS.

Advertisement

BACA JUGA : Gapki Gelar Rakernas di DIY

Dalam kesempatan itu Wibisono mengatakan produksi CPO harus dimanfaatkan sepenuhnya untuk kepentingan masyarakat. Melalui koordinasi dengan Kementerian Keuangan, Komisi XI DPR RI mendorong tata kelola saeit bisa mendorongkebangkitan ekonomi bavi masyarakat.

"Produksi sawit harus dapat dimanfaatkan oleh kepentingan rakyat. Petani sawit mesti mendapatkan harga yang baik bagi peningkatan kesejahteraan," kata Wibisono.

Akademisi dari Stipram Jogja Bayu Grendo Sigarete mengatakan BPDPKS sebenarnya telah melakukan sejumlah langkah mulai dari efisiensi usaha kebun sawit rakyat. Kemudian integrasi program sektor hulu dan hilir yang terdiri dari perbaikan kesejahteraan petani, stabilisasi harga CPO, dan memperkuat industri hilir.

Selain itu program peremajaan sawit rakyat, sarana dan prasarana dan yang terakhir adalah program dukungan dana pengembangan SDM. Industri sawit telah berkontribusi untuk mengentaskan kemiskinan nasional lewat pembukaan lapangan pekerjaaan dengan mrnciptakan lebih dari 16 juta tenaga kerja.

"Industri sawit juga mendorong terjadinya pertumbuhan industri dengan memproduksi lebih dari 146 jenis produk hilir,” katanya.

Sektor sawit menurutnya mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan ekspor dan neraca perdagangan, mengurangi inflasi. Kemudian mampu mengganti bakar fosil dengan energi terbarukan untuk memperkuat ketahanan energi nasional.

"Setelah bersinergi dengan BPDPKS, diharapkan dapat melakukan pemberdayaan masyarakat dan juga bisa menuntun banyak program dengan para petani sawit,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Layanan SIM di Bantul Mei 2024

Bantul
| Selasa, 14 Mei 2024, 03:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement