Advertisement

Kronologi Pesawat Presiden Jokowi Take Off Sebelum Gempa Bantul Melanda

Newswire
Sabtu, 01 Juli 2023 - 19:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Kronologi Pesawat Presiden Jokowi Take Off Sebelum Gempa Bantul Melanda Warga menunjukkan rumah yang rusak pascagempa di Pacarejo, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Sabtu (1/7/2023). Menurut data BPBD DIY dampak gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,4 yang berpusat 86 kilometer barat daya Kabupaten Bantul terdapat di 19 titik yang tersebar di Kabupaten Bantul, Kulonprogo dan Gunungkidul. ANTARA FOTO - Hendra Nurdiyansyah

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo sudah dalam penerbangan menuju Jakarta saat gempa bermagnitudo 6,4 mengguncang wilayah Bantul, Jumat (30/6/2023) malam. Gempa bumi di Bantul terjadi pada pukul 19.57 WIB. 

"Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Bapak Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan take off pada Jumat, 30 Juni 2023, pukul 19.20 WIB," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden (Setpres) Bey Machmudin saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (1/7/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Dampak Gempa Terkini Mag 6,4 Bantul: Warga Gunungkidul Patah Tulang hingga Luka di Kepala

Berdasarkan informasi Kepala Istana Kepresidenan Yogyakarta Dedi Mulyana, gempa juga terasa di Gedung Agung Istana Kepresidenan. Namun, kondisi seluruh gedung dan bangunan baik dan tidak terjadi kerusakan sama sekali pascagempa.

"Menurut Kepala Istana Yogyakarta Deni Mulyana, gempa juga dirasakan di Gedung Agung Istana Kepresidenan, kondisi seluruh gedung dan bangunan dalam kondisi baik, tidak terjadi kerusakan sama sekali," kata Bey.

Sebelumnya, Jokowi bersama Iriana melaksanakan shalat Iduladha 1444 Hijriah di halaman Istana Kepresidenan Jogja, Kamis (29/6/2023). Jokowi juga memanfaatkan momen Idul Adha itu untuk menyapa masyarakat di sekitar Istana Jogja.

Usai shalat Iduladha, Jokowi bersama dua cucunya, Sedah Mirah Nasution dan Panembahan Al Nahyan Nasution, keluar dari Gedung Agung Istana Kepresidenan Jogja untuk menemui dan menyapa masyarakat.

BACA JUGA: Soal Dampak Gempa Bantul, Sultan: Relatif Rusak Ringan

Selama di Jogja, Jokowi juga memberikan bantuan kepada para pedagang asongan yang ada di kawasan Malioboro.

Gempa bumi di Bantul terjadi pada Jumat malam (30/6), pukul 19.57 WIB. BMKG awalnya mencatat gempa itu berkekuatan 6,4 magnitudo di kedalaman 25 kilometer. BMKG kemudian memperbarui kekuatan gempa tersebut ke angka magnitudo 6.0 dengan kedalaman 67 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Masih Ada 6.818 Rumah Tak Layak Huni di Kulonprogo, 20 Rumah Dapat Bantuan Rp20 Juta

Kulonprogo
| Jum'at, 05 Juli 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement