Advertisement

Ini Hal-Hal yang Perlu Anda Tahu saat Beli Tiket Pesawat

MG Noviarizal Fernandez
Sabtu, 13 Mei 2023 - 23:07 WIB
Maya Herawati
Ini Hal-Hal yang Perlu Anda Tahu saat Beli Tiket Pesawat Tiket pesawat / Ilustrasi freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Bepergian menggunakan pesawat terbang mungkin menjadi alternatif yang tak kerap Anda lakukan. Jangan lupa, saat membeli tiket pesawat, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan. 

Lion Air Group, Sabtu (13/5/2023), menginformasikan kembali, ketika calon penumpang melakukan proses pembelian tiket pesawat, maskapai penerbangan memerlukan nomor ponsel yang diutamakan yang terkoneksi dengan WhatsApp dan alamat surat elektronik yang aktif dari penumpang itu sendiri, yaitu sesuai data diri penumpang yang tertera dalam tiket pesawat dan dokumen identitas yang sah.

Advertisement

Sangat penting bahwa, nomor handphone dan e-mail tidak dapat diwakilkan kepada orang lain karena informasi yang diberikan haruslah data pribadi penumpang itu sendiri agar dapat diperoleh secara akurat dan dipastikan informasi yang dikirimkan dari maskapai sampai kepada penumpang tersebut,” ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro.

Mengapa diutamakan harus terkoneksi dengan WhatsApp?

Salah satu aplikasi komunikasi yang populer dan mudah diakses di berbagai daerah, sehingga pihak maskapai penerbangan dapat menghubungi penumpang dengan mudah.

Hal ini sangat penting dilakukan oleh setiap penumpang dengan pertimbangan beberapa alasan di antaranya:

1. Konfirmasi reservasi

Digunakan oleh maskapai penerbangan untuk mengirimkan konfirmasi reservasi setelah berhasil melakukan pembayaran tiket pesawat. Konfirmasi reservasi ini berisi informasi penting, seperti nomor penerbangan, waktu keberangkatan dan bandar udara pemberangkatan.

BACA JUGA: Dugaan Peretasan Data Nasabah BSI, OJK: Masyarakat Tetap Tenang

2 .Notifikasi perjalanan

Pihak maskapai penerbangan dapat mengirimkan informasi/ pemberitahuan/ notifikasi terkait perjalanan melalui nomor telepon dan alamat e-mail yang sudah diberikan.

3. Pemberitahuan penyesuaian jadwal

Jika terjadi perubahan jadwal penerbangan diikarenakan operasional atau kondisi tertentu, pihak maskapai penerbangan akan mudah menghubungi penumpang melalui nomor telepon atau alamat e-mail yang telah diberikan, sehingga dapat melakukan penyesuaian rencana perjalanan.

4. Komunikasi Nyaman dan Efektif

Dalam situasi tertentu, nomor telepon yang diberikan dapat menjadi cara yang efektif bagi maskapai penerbangan untuk menghubungi penumpang dan memberikan informasi atau instruksi yang penting terkait perjalanan udara.

“Calon penumpang yang mencantumkan nomor HP yang terkoneksi WhatsApp dan alamat e-mail aktif saat pembelian tiket pesawat, turut mendukung upaya menciptakan perjalanan udara berjalan lancar serta meningkatkan pengalaman penerbangan menjadi lebih nyaman. Melalui komunikasi yang efisien dan penyampaian informasi terkini, penumpang dapat mempersiapkan diri dengan baik dan tetap terhubung dengan maskapai penerbangan selama perjalanan,” katanya. (Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement