Advertisement

ASN dan TNI-Polri Bakal Diberi Fasilitas 47 Tower Rusun di IKN, Dibangun Juli

Muhammad Ridwan
Sabtu, 13 Mei 2023 - 22:07 WIB
Maya Herawati
ASN dan TNI-Polri Bakal Diberi Fasilitas 47 Tower Rusun di IKN, Dibangun Juli Proyek rumah susun atau rusun pekerja di IKN Nusantara - Dok. Kementerian PUPR.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pemerintah bakal membangun sebanyak 47 tower rumah susun (rusun) untuk hunian anggota TNI dan Polri di Ibu Kota Nusantara (IKN). Puluhan tower ini termasuk juga untuk hunian aparatur sipil negara (ASN). 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan rumah susun atau rusun untuk hunian aparatur sipil negara (ASN) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dapat dimulai Juli 2023.

Advertisement

Ketua Satuan Tugas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga, menuturkan rusun tersebut merupakan bagian infrastruktur yang dibangun menggunakan APBN. Dia mengungkapkan, hingga Mei 2023, proyek tersebut masih dalam tahap pelelangan.

"Sedang mulai pelelangan 47 tower rusun untuk ASN, TNI, Polri.mudah-mudahan Juli bisa mulai [konstruksi]," kata Danis kepada Bisnis, Sabtu (13/5/2023).

BACA JUGA: Dugaan Peretasan Data Nasabah BSI, OJK: Masyarakat Tetap Tenang

Dilansir dari LPSE Kementerian PUPR, terdapat empat tender untuk pembangunan rusun ASN dengan nilai masing-masing Rp1,7 triliun untuk rumah susun ASN 1, Rp1,5 triliun untuk rumah susun ASN 2, Rp1,1 triliun untuk rumah susun ASN 3, dan Rp1,5 triliun untuk pembangunan rumah susun ASN 4.

Keempat tender proyek tersebut telah dimulai Kementerian PUPR sejak 19 April 2023. Tender ditargetkan selesai pada 28 Juli 2023.

Selain pembangunan rumah susun untuk ASN, Kementerian PUPR juga memulai lelang untuk konstruksi terintegrasi rancang dan bangun pembangunan rumah susun Paspampres.

Kementerian PUPR merencanakan untuk membangun sembilan menara rumah susun untuk menjadi hunian Paspampres di kawasan Hankam Precint yang ada di IKN Nusantara dengan nilai kontrak Rp1,8 triliun. Tender pembangunan rumah susun Paspampres telah dimulai sejak 18 April 2023 dan ditargetkan selesai pada 28 Juli 2023.

Sementara itu, Kementerian PUPR juga telah memulai tender untuk pekerjaan konstruksi terintegrasi rancang dan bangun pembangunan rumah susun Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN) di IKN. Tender yang dimulai sejak 18 April tersebut memiliki nilai pagu paket Rp1,5 triliun dengan menggunakan anggaran APBN 2023-2024. Tender tersebut ditargetkan rampung pada 28 Juli 2023. (Sumber: Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement