Advertisement

Pemerintah Pusat Ambil Alih Perbaikan Jalan Rusak

Muhammad Ridwan
Sabtu, 06 Mei 2023 - 08:37 WIB
Arief Junianto
Pemerintah Pusat Ambil Alih Perbaikan Jalan Rusak Ilustrasi jalan rusak. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, LAMPUNG—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengambil alih penanganan jalan rusak parah di provinsi, kabupaten, dan kota.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau jalan rusak di Provinsi Lampung. "Jika kondisi keuangan pemerintah daerah tak mampu untuk memperbaiki jalan rusak, maka akan diambil alih Kementerian PUPR untuk perbaikannya," kata Jokowi seusai mengunjungi Pasar Natar di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Jumat (5/5).

Advertisement

Jokowi menegaskan infrastruktur jalan sangat penting untuk menurunkan biaya logistik. Oleh karena itu, apabila ada kondisi infrastruktur jalan yang rusak parah, maka hal itu harus segera diperbaiki. Menurut dia, biaya logistik perbaikan infrastruktur itu sangat tergantung pada kondisi baik atau tidaknya jalan. Jokowi meminta perbaikan jalan yang rusak untuk secepatnya mulai diperbaiki.

Presiden RI Joko Widodo meninjau jalan rusak di Terusan Ryacudu menuju daerah Kota Baru, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Presiden RI beserta rombongan sampai di Jalan Terusan Rycadu, Lampung, Jumat, sekitar pukul 10.20 WIB seusai meninjau Pasar Natar.

Presiden Joko Widodo terlihat di dalam mobil sedan hitam berpelat merah "Indonesia 1" .

Presiden beserta rombongan sesampainya di Jalan Terusan Ryacudu, langsung meluncur meninjau jalan rusak menuju arah Kota Baru. Di lokasi, banyak warga setempat telah  menunggu kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu.

Presiden dan rombongan mencoba jalan berlubang dengan mobil Kepresidenan hingga sejauh kurang lebih 5 sampai 6 kilometer, kemudian rombongan pun berputar kembali untuk melaksanakan Salat Jumat di Masjid Airan Raya.

Terlihat di dalam mobil orang nomor 1 di Indonesia itu Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menemani Presiden meninjau jalan rusak. Presiden dan rombongan meninjau jalan rusak selama satu jam lebih.

Sebelum kedatangan Presiden, Petugas Pengamanan yang merupakan gabungan dari TNI/Polri telah bersiap mengamankan kedatangan Presiden Joko Widodo di sepanjang jalur yang dilewati saat melakukan inspeksi di Lampung. Petugas keamanan juga terlihat telah melakukan sterilisasi di setiap jalur yang akan dilalui oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ratusan PNS Sleman Dapat Penghargaan Satyalancana Karya Satya

Sleman
| Jum'at, 26 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement