Advertisement

Promo Sumpah Pemuda Harjo

Rusia Tuduh Ukraina Berusaha Bunuh Presiden Vladimir Putin

Nancy Junita
Kamis, 04 Mei 2023 - 10:47 WIB
Jumali
Rusia Tuduh Ukraina Berusaha Bunuh Presiden Vladimir Putin Vladimir Putin - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Rusia menuduh Ukraina melakukan upaya pembunuhan Presiden Vladimir Putin dalam serangan pesawat tak berawak di benteng Kremlin, dan mengancam akan membalas.

BACA JUGA: Rusia Tuding Ukraina Dalang Serangan Drone ke Kediamana Putin

Advertisement

Menangapi tudingan itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky membantah bahwa pasukannya menyerang Kremlin termasuk kediaman Putin. Melansir Reuters, Kamis (4/5/2023), Zelensky menegaskan bahwa Kyiv tidak ada hubungannya dengan serangan yang dilaporkan.

Berikut kejadian terkait perang Rusia vs Ukraina dalam 24 jam terakhir:
Pertempuran

1. Zelensky mengatakan Ukraina akan segera melancarkan serangan balasan terhadap pendudukan pasukan Rusia.

2. Yevgeny Prigozhin, pemimpin pasukan tentara bayaran Grup Wagner Rusia, mengatakan serangan balasan telah dimulai dan pasukannya mengamati aktivitas yang meningkat di sepanjang garis depan.

3.Peluru Rusia menewaskan 21 warga sipil di wilayah Kherson Ukraina, kata Zelensky, dengan tempat-tempat yang diserang termasuk hypermarket, stasiun kereta api, dan bangunan tempat tinggal.
Diplomasi/Politik

1. Polisi Jerman mengatakan Zelensky akan melakukan perjalanan ke Berlin pada 13 Mei, meskipun sumber keamanan kemudian mengatakan pengungkapan kunjungan itu terlalu dini dan sekarang tidak jelas apakah akan dilanjutkan.

2. Zelensky diperkirakan akan berbicara di Den Haag pada Kamis (4/5/2023), kata pemerintah Belanda. Dia akan bertemu Perdana Menteri Rutte dan anggota parlemen.

3. Bantuan militer Amerika Serikat (AS) untuk Ukraina termasuk roket peluncuran udara jarak pendek Hydra-70, yang diambil dari kelebihan stok AS.
Ekonomi

1. Rusia mengatakan akan terus berbicara dengan PBB tentang masa depan kesepakatan yang memungkinkan ekspor biji-bijian Ukraina ke Laut Hitam dengan aman, tetapi tidak akan melakukan apa pun untuk merugikan kepentingannya sendiri.

2. Zelensky mengatakan Rusia tampaknya tidak tertarik untuk memperpanjang perjanjian setelah 18 Mei.

3. Terlepas dari perang dan sanksi, orang Rusia yang muncul di Pengadilan Niaga London mencapai jumlah rekor, menurut laporan sebuah konsultan. Tidak ada penggugat Ukraina yang muncul dalam putusan Pengadilan Niaga sejak Juli 2021, katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja Solo Minggu 1 Oktober 2023, Berangkat dari Stasiun Tugu

Jogja
| Minggu, 01 Oktober 2023, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Unik, Taman Sains Ini Punya Gedung Seperti Pesawat Ruang Angkasa

Wisata
| Sabtu, 30 September 2023, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement