Advertisement

Yuk, Intip Harta Kekayaan Anies vs Ganjar, Siapa yang Paling Tajir?

Dany Saputra
Senin, 24 April 2023 - 14:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Yuk, Intip Harta Kekayaan Anies vs Ganjar, Siapa yang Paling Tajir? Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan merupakan dua tokoh politik yang resmi mendapatkan tiket untuk maju sebagai calon Presiden (capres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Berikut perbandingan harta kekayaan Anies vs Ganjar.

Anies Baswedan sebelumnya menjabat Gubernur DKI Jakarta selama lima tahun yakni 2017-2022. Pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang, dia diusung oleh koalisi yang berisikan Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

Advertisement

Sementara itu, Ganjar Pranowo saat ini masih menjalani tahun terakhir sebagai Gubernur Jawa Tengah periode 2018-2023. Dia baru saja diumumkan sebagai capres dari partai dengan suara terbanyak di parlemen yakni PDI Perjuangan atau PDIP. 

Sebagai kepala daerah dan mantan kepala daerah, Anies dan Ganjar sama-sama wajib melaporkan harta kekayaannya saat masih menjadi pejabat publik. Mengutip dari situs resmi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), keduanya terakhir sudah melaporkan LHKPN untuk periode 2021. 

Harta Kekayaan Anies vs Ganjar

Pada periode 2021, Anies melaporkan harta kekayaan senilai Rp10,9 miliar. Harta mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu didominasi oleh tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta Selatan, Sleman, dan Ponorogo. Nilainya mencapai Rp14,7 miliar. 

Selain itu, Anies melaporkan satu mobil dan dua sepeda motor senilai Rp550 juta; harta bergerak lainnya Rp1,3 miliar; surat berharga Rp61 juta; kas dan setara kas Rp1,2 miliar; serta harta lainnya Rp659 juta. Subtotal harta Anies mencapai Rp18,5 miliar dan dikurangi utang Rp7,6 miliar.

Sementara itu, total nilai harta kekayaan Ganjar berbeda tipis dengan yang dilaporkan oleh Anies. Capres pilihan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri itu melaporkan harta kekayaan senilai Rp11,7 miliar pada 2021. 

Pada 2021, Ganjar melaporkan harta kekayaan yang meliputi delapan tanah dan bangunan senilai Rp2,6 miliar. Tanah dan bangunan itu tersebar di Bogor, Purbalinggan, dan Sleman. 

Dia juga melaporkan kepemilikan enam kendaraan roda empat dan dua senilai total Rp1,6 miliar, serta harta bergerak lainnya Rp706 juta. 

Berdasarkan LHKPN yang dilaporkannya, harta dan kekayaan Ganjar paling banyak berasal dari kas da setara kas yang mencapai Rp6,8 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Duh! 3 Ruas Jalan di Sleman Batal Diperbaiki Tahun Ini karena Tidak Disetujui Pusat

Sleman
| Selasa, 23 Juli 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement