Advertisement

Tentara Pembebasan Papua Barat: Pilot Susi Air Bukan Musuh Kami

Nancy Junita
Selasa, 18 April 2023 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tentara Pembebasan Papua Barat: Pilot Susi Air Bukan Musuh Kami Seorang pria yang diidentifikasi sebagai Philip Mehrtens, pilot Selandia Baru yang disebut-sebut disandera oleh kelompok pro-kemerdekaan, duduk di antara para pejuang separatis di wilayah Papua Indonesia, 6 Maret 2023. Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) )/Handout melalui REUTERS - File Foto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sebby Sambom, Juru Bicara Tentara Pembebasan Papua Barat (TPNPB) menegaskan pilot Susi Air Phillip Mehrtens yang disandera bukan musuh.

Melansir Reuters, Selasa (18/4/2023), Sambom mengatakan itu pada Kamis (6/4/2023). Oleh karena itu, TPNPB telah membatalkan tuntutan kemerdekaan dan malah mendorong dialog.

Advertisement

"Pilot Selandia Baru ini bukan musuh kami, jadi kami akan mencari solusi untuk membebaskannya," kata Sambom.

Namun, dia menegaskan bahwa TPNPB, sayap bersenjata dari Organisasi Papua Merdeka (OPM), tidak menghentikan desakan untuk melihat wilayah tersebut diberi kemerdekaan dalam jangka panjang, tetapi menyadari ada kebutuhan untuk memastikan pilot segera dibebaskan.

"Kami akan melakukan negosiasi damai," katanya.

Baca juga: Penyelamatan Pilot Susi Air Disandera KKB Masih Terkendala Cuaca

Sebelumnya, TPNPB mempunyai dua syarat bagi Pemerintah Indonesia untuk membebaskan Phillip .

Seperti diketahui Philip menjadi korban penyanderaan KKB Papua ketika dia mendarat di wilayah terpencil Nduga pada 7 Februari 2023.

Phillip diculik TPNPB di kawasan dataran tinggi Papua Nduga dua bulan lalu usai melakukan penerbangan rutin ke kawasan tersebut.

TPNPB mengatakan pada saat itu pilot hanya akan dibebaskan sebagai imbalan atas pengakuan pemerintah Indonesia atas kemerdekaan Papua, dan penarikan seluruh pasukan Indonesia.

Pertempuran tingkat rendah untuk kemerdekaan dari Indonesia telah dilancarkan selama beberapa dekade di wilayah Papua yang terpencil dan kaya sumber daya, dengan konflik antara pemberontak bersenjata dan pasukan keamanan meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, kata para analis.

Ketegangan telah membara sejak pemungutan suara kontroversial tahun 1969 yang diawasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang melihat bekas wilayah Belanda di bawah kendali Indonesia.

Pemerintah Indonesia mengatakan telah memprioritaskan negosiasi dengan tokoh agama dan masyarakat untuk menjamin pembebasan Philip, dan mencatat bahaya melakukan operasi militer di daerah dataran tinggi yang terjal.

"Kami akan menggunakan senjata kami hanya jika ada ancaman terhadap nyawa pasukan kami," kata Donny Charles Go, Juru Bicara Satuan Tugas Militer yang dibentuk untuk menyelamatkan pilot, kepada Reuters.

Ditanya tentang perubahan nyata sikap kelompok pemberontak itu, seorang pejabat Indonesia mengatakan situasinya tetap rentan.

"Untuk mengutamakan keselamatan dan keamanan sandera, pemerintah akan membatasi komentar publik," kata Jaleswari Pramodawardhani, Deputi Kantor Staf Kepresidenan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement