Advertisement

Viral Penumpang Ngamuk Tak Mau Terbang Gegara AC Mati, Ini Penjelasan dari Batik Air

Jumali
Kamis, 13 April 2023 - 12:07 WIB
Jumali
Viral Penumpang Ngamuk Tak Mau Terbang Gegara AC Mati, Ini Penjelasan dari Batik Air Tangkapan layar instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebuah video viral yang memperlihatkan penumpang Batik Air mengamuk dan meminta surat pernyataan pesawat aman untuk terbang, setelah AC mati.

"Gegara AC Mati Jelang Lepas Landas, Penumpang Batik Air KL-JKT Ngamuk Minta Surat Pernyataan Pesawat Aman,” tulis akun @tante.rempoong.official di Instagram dilihat Kamis (13/4/2023).

Advertisement

"“Prinsipnya!! Masalah kecil adalah masalah besar. Pesawat yang dipaksakan untuk terbang - kondisi aircon tidak beroperasi !!” lanjut akun tersebut.

Pada video yang diunggah di Instagram itu terlihat seorang penumpang wanita yang mengenakan pakaian berwarna hijau sedang mengamuk dan minta pesawat tak diterbangkan. Penumpang tersebut bahkan meminta suara penumpang lain agar bisa bertemu dengan pilot dan memastikan bahwa pesawat Batik Air yang mereka tumpangi aman untuk terbang.

Terpisah, Corporate Communications Strategic of Batik air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulisnya meminta maag atas ketidaknyaman yang terjadi pada penumpang di penerbangan nomor ID-7283 rute Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia (KUL) tujuan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

"Batik Air meminta maaf atas ketidaknyamanan (keluhan pesawat kurang terasa dingin dan lampu sempat padam seketika)," katanya.

Menurut Danang, situasi yang terjadi pada penerbangan Kuala Lumpur - Jakarta Senin 10 April itu disebabkan oleh Ground Power Unit (GPU) yang tidak bekerja secara maksimal (Ground power issue). Ground power issue adalah gangguan yang terjadi pada pasokan daya listrik yang diberikan pada pesawat melalui GPU saat pesawat sedang parkir di darat.

Ground Power Unit (GPU) disediakan oleh pihak ketiga atau mitra ground handling yang bekerja sama dengan Batik Air di Kuala Lumpur. Ground Power Unit (GPU) merupakan peralatan yang terpisah dari pesawat dan berfungsi sebagai pemasok kelistrikan dari luar pada pesawat.

Oleh karena itu, Danang menerangkan, terdapat komunikasi yang baik antara operator ground handling dan awak pesawat untuk memastikan bahwa pasokan daya listrik yang disediakan oleh GPU memenuhi standar keamanan dan keselamatan yang diperlukan untuk mengoperasikan pesawat dengan aman dan efisien.

Batik Air menegaskan bahwa pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LBS dalam kondisi prima, laik dan aman dioperasikan. Kendala yang terjadi pada ketidakmaksimalan kinerja GPU telah diatasi dengan segera dan tidak mempengaruhi keselamatan penerbangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement