Advertisement

Tol Jogja Solo Dibuka Pekan Ini, Pengguna Diminta Pipis Dulu Sebelum Masuk

Nimatul Faizah
Rabu, 12 April 2023 - 20:32 WIB
Budi Cahyana
Tol Jogja Solo Dibuka Pekan Ini, Pengguna Diminta Pipis Dulu Sebelum Masuk Pembangunan Tol Jogja Solo di Kartasura, Jawa Tengah, Selasa (20/9/2022). - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, KLATENTol Jogja Solo akan diuji coba sebelum dibuka resmi untuk arus mudik Lebaran mulai Sabtu (15/4/2023) pekan ini hingga Senin (1/5/2023) selepas Idulfitri. Pengguna diminta pipis terlebih dahulu sebelum masuk Tol Jogja Solo.

Tol Jogja Solo akan dibuka secara fungsional untuk mudik dan balik Lebaran. Tol tersebut belum dilengkapi fasilitas seperti rest area dan SPBU, sehingga pengendara diminta bersiap-siap, salah satunya buang air kecil alias pipis terlebih dahulu agar tidak kebelet pipis saat mobil mereka melintas tol fungsional.

Advertisement

Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Herdi Pratama, mengatakan pemudik yang hendak menggunakan tol fungsional Joglo untuk memperhatikan beberapa hal seperti bahan bakar minyak (BBM).

Selain itu, ia juga meminta pengguna tol sudah buang air kecil dan membawa perbekalan yang cukup karena tidak ada rest area.

Jalan bebas hambatan sepanjang enam kilometer dari Ngasem-Kateguhan, Sawit, Boyolali, itu akan diuji coba pada Jumat (14/4/2023) lusa. Jalur tersebut hanya dipergunakan untuk pengguna kendaraan nonbus.

BACA JUGA: Siap-siap Uang Ganti Rugi Terdampak Proyek Tol Jogja YIA Akan Cair, Ini Pesan Sultan

Dia mengatakan banyak masyarakat yang masih mengira tol fungsional akan dioperasionalkan sampai Jogja. Padahal, Tol Jogja hanya akan difungsionalkan sepanjang enam kilometer hingga Kateguhan, Sawit. “Kalau kami lihat, ada kira-kira satu kilometer lagi yang belum beres, untuk lima kilometer sudah aman. Tol Jogja Solo fungsional hanya untuk mobil golongan I nonbus, jadi hanya mobil kecil-kecil. Bus, truk, enggak boleh masuk. Masuk tol masih gratis juga,” ujarnya saat ditemui wartawan pada Selasa (11/4/2023) sore.

Awalnya tol fungsional akan dibuka mulai pukul 07.00 WIB–17.00 WIB. Akan tetapi jam operasional akan diubah menjadi lebih awal mulai pukul 06.00 WIB-17.00 WIB.

AKP Herdi mengungkapkan Satlantas Polres Boyolali akan menyiapkan jalur darurat atau emergency untuk kendaraan tol, derek, damkar, dan Pertamina. Kendaraan-kendaraan tersebut akan disiagakan untuk mengurai kemacetan.

“Arus dari Kateguhan Sawit ke Sanggung itu one way [saat mudik]. Sementara, dari Sanggung ke Sawit juga one way [untuk arus balik],” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Lengkap KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement