Advertisement

Cium Bibir Bocah Laki-Laki, Dalai Lama Minta Maaf

Newswire
Senin, 10 April 2023 - 18:27 WIB
Maya Herawati
Cium Bibir Bocah Laki-Laki, Dalai Lama Minta Maaf Dalai Lama bersama bocah India yang diciumnya. - Twitter - NiSiv4

Advertisement

Harianjogja.com, NEW DELHI—Dalai Lama, Pemimpin Spiritual Tibet berusia 87 tahun meminta maaf kepada publik setelah rekaman videonya mengecup bibir seorang anak lelaki, beredar luas dan menuai kecaman publik.

Tak hanya mengecup bibir si bocah, dalam video yang beredar luas di Twitter itu, Dalai Lama juga meminta si bocah lelaki untuk mengisap lidahnya. “Isap lidah saya,” katanya, seperti dilansir Antara, Senin (10/4).

Advertisement

Menurut beberapa sumber, kejadian itu berlangsung Februari lalu saat ada sebuah event di Kota Dharamshala, India Utara, tempat Dalai Lama bermukim.   

"Sebuah klip video telah beredar yang menunjukkan pertemuan belum lama ini, ketika seorang anak laki-laki bertanya kepada Yang Mulia Dalai Lama apakah dia bisa memeluknya," kata sebuah pernyataan di akun Twitter Dalai Lama yang memiliki 19 juta pengikut.

Disebutkan pula bahwa Dalai Lama ingin meminta maaf kepada bocah itu dan keluarganya atas rasa sakit hati yang mungkin ditimbulkan.

Dalam pernyataan permintaan maaf itu disebutkan Dalai Lama selama ini kerap menggoda orang-orang yang ditemuinya dengan cara yang polos dan menyenangkan, bahkan di depan umum dan di depan kamera. “Ia menyesali kejadian itu,” tulis pernyataan tersebut.

Rekaman video itu, yang telah dilihat  satu juta kali di Twitter, juga menunjukkan Dalai Lama tampak mengecup bibir sang bocah di hadapan orang-orang yang terdengar bertepuk tangan dan tertawa, sementara seorang pria merekam momen tersebut dengan ponselnya.

Mencari Dukungan

Dalai Lama melarikan diri ke India pada 1959 setelah pemberontakan yang gagal terhadap kekuasaan China di Tibet. Dia dianggap Beijing sebagai seorang separatis yang berbahaya.

Selama beberapa dasawarsa, dia telah berusaha mencari dukungan global bagi otonomi bahasa dan budaya di tanah airnya yang terpencil dan bergunung-gunung.

Dia kini tinggal di sebuah kompleks di sebelah kuil yang dikelilingi bukit-bukit hijau dan gunung-gunung bersalju di Kota Dharamshala, India utara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Api Prameks Jogja-Kutoarjo Sabtu 27 April 2024

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 04:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement