Advertisement

Donald Trump ke New York untuk Serahkan Diri dan Hadapi Dakwaan

Kathleen Dewitri
Selasa, 04 April 2023 - 08:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Donald Trump ke New York untuk Serahkan Diri dan Hadapi Dakwaan Mantan Presiden AS Donald Trump berbicara dalam rapat umum kampanye pertamanya setelah mengumumkan pencalonan dirinya sebagai presiden AS pada Pemilu 2024 dalam sebuah acara di Waco, Texas, AS, 25 Maret 2023. - Reuters/Leah Millis

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terbang menuju New York untuk menyerahkan diri dan menghadapi dakwaan pidana.

Trump menjadi mantan presiden AS pertama yang mendapat dakwaan pidana menyusul investigasi atas uang tutup mulut yang dibayarkan kepada seorang bintang film dewasa sebelum pemilu 2016.

Advertisement

Dilansir Reuters pada Selasa (4/4/2023), iring-iringan kendaraan membawa Trump dari resor Mar-a-Lago di Palm Beach ke bandara di West Palm Beach.

Trump turun dari sebuah kendaraan SUV sebelum ia dan anggota rombongannya menaiki tangga untuk memasuki pesawatnya, yang dicat merah, putih dan biru dengan tulisan "TRUMP" dalam huruf besar di bagian samping dan gambar bendera Amerika di bagian belakang.

Trump mengatakan sebelumnya di media sosial bahwa ia akan pergi ke Trump Tower di Manhattan setelah tiba di New York, kemudian akan menuju ke gedung pengadilan pada hari Selasa pagi.

Baca juga: 262 Kilometer Jalan Nasional di DIY Disiapkan untuk Mudik, Dipastikan Nol Lubang

Sejumlah pendukung Trump bersorak-sorai di bandara Florida dan di sepanjang rute yang dilaluinya menuju ke sana, sambil membawa spanduk dan bendera.

"Negara kita membutuhkannya. Dia pro-Tuhan, pro-keluarga dan pro-negara,” kata Cindy Falco dari Boynton Beach, Florida.

Trump akan diadili melalui proses pengambilan sidik jari dan foto di gedung pengadilan pusat kota Manhattan pada Selasa (4/4/2023).

Pengacara dari Trump mengatakan bahwa dia akan mengajukan pembelaan tidak bersalah atas kasus yang menjerat mantan presiden AS tersebut.

Salah seorang pejabat pengadilan mengatakan bahwa Trump akan menjalani proses pengadilan sekitar pukul 14.15, sebelum akhirnya kembali ke Florida untuk menyampaikan pidatonya di Mar-a-Lago pukul 8.15 malam.

Dilansir dari Reuters pada Senin (3/4/2023), Trump (76 tahun) menjabat sebagai presiden AS periode 2017-2021. Dia meluncurkan upaya untuk kembali menduduki kursi kepresidenan pada tahun 2024 dan menjegal upaya Joe Biden menjabat dua periode.

Pengacara Trump Joe Tacopina mengatakan pada Minggu (2/4/2023) bahwa dia mengharapkan rincian lebih lanjut seputar dakwaan dan mencatat bahwa Secret Service, yang melindungi mantan presiden, juga memiliki peran dalam persidangan.

"Sejujurnya saya tidak tahu bagaimana ini akan berjalan - mudah-mudahan semulus mungkin - dan kemudian kita mulai pertempuran untuk memperbaiki kesalahan ini," kata Tacopina kepada program State of the Union CNN International.

Berdasarkan perkiraan, pada persidangan tersebut, Trump akan menghadap hakim Juan Merchan, hakim yang sama dengan yang memimpin persidangan pidana tahun lalu dalam kasus penipuan pajak yang dilakukan oleh perusahaan Real Estat milik Trump.

Pada Minggu (3/4/2023), seorang pejabat pengadilan mengatakan bahwa hakim sudah meminta kepada dua belah pihak untuk menyerahkan posisi mereka mengenai perizinan kamera dan video di ruang sidang dan akan memutuskan masalah tersebut pada hari Senin (3/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement