Advertisement

Hunian Pekerja Jadi Konstruksi Pertama Dibangun di IKN Nusantara

Erta Darwati
Jum'at, 17 Maret 2023 - 08:27 WIB
Sunartono
Hunian Pekerja Jadi Konstruksi Pertama Dibangun di IKN Nusantara Proyek rumah susun atau rusun pekerja di IKN Nusantara - Dok. Kementerian PUPR.

Advertisement

Harianjogja.com, KALTIM—Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) menjadi bangunan pertama kali dibangun di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Deputi Projek Manajer WIKA Gedung Wahyu Anggoro mengatakan pengerjaan HPK di IKN Nusantara selesai dalam 145 hari atau sejak Agustus 2022 sampai Januari 2023 lalu. "Sejak Agustus 2022 kemudian hingga Januari lalu telah selesai projek HPK ini dalam 145 hari," katanya kepada wartawan di IKN Nusantara, Kalimantan Timur, pada Kamis (16/3/2023).

Advertisement

Pembangunan HPK dilatarbelakangi untuk memberikan kenyamanan bagi para pekerja konstruksi IKN Nusantara agar produktivitasnya meningkat. Wahyu mengatakan bahwa HPK ini seperti apartemen bagi para pekerja konstruksi yang dibangun untuk 16.000 orang. 

BACA JUGA : Pembangunan Rumah Dinas Menteri di IKN Rampung Tahun

"HPK seperti apartemennya pekerja untuk 16.000 orang, dan ini alhamdulillah sudah selesai semua dan sampai saat ini sudah dihuni," lanjutnya. 

Lebih lanjut, dia menyatakan bahwa HPK untuk 16.000 pekerja itu hingga saat ini telah terisi 800 penghuni, baik itu dari pekerja untuk pembangunan istana presiden dan juga kemenko. 

"Dari 16.000 hunian yang tersedia itu untuk saat ini yang sudah terisi sekitar 800, itu dari pekerja untuk istana, dari kemenko juga ada, serta pekerja untuk jalan," tambahnya. 

Sementara itu, dia menyatakan bahwa HPK ini menerapkan konsep modular, 80 persen diproduksi pabrik dan 20 persennya dirakit. "Sebetulnya konsep modular, ini memang modular ini menawarkan bersih, cepat, kuat. Kita 80 persen di pabrik, 20 persen di rakit," ujarnya. 

BACA JUGA : Rp24 Triliun Digelontorkan untuk Pembangunan IKN Selama

Dia menyatakan bahwa kecepatan modular dalam HPK ini selama 3 bulan, dan 4 bulan telah bisa bermanfaat.  "Jadi memang seperti di China, kita menuju kesana. Kalau modular dengan kecepatan 3 bulan selesai di bulan 4 bisa menghasilkan. Quality-nya lebih terjamin," tambahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Waisak, Berikut Jadwal Lengkap KA Bandara Jogja Kamis 23 Mei 2024

Jogja
| Kamis, 23 Mei 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement