Advertisement

Ini Deretan Lokasi Titik Terdalam Bumi, Ada Palung Jawa

Arlina Laras
Selasa, 14 Maret 2023 - 21:07 WIB
Bhekti Suryani
Ini Deretan Lokasi Titik Terdalam Bumi, Ada Palung Jawa Palung jawa, salah satu palung terdalam di dunia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA Tempat yang dalam bagi sebagian orang mungkin menjadi suatu hal yang mengerikan dan menjadi misteri bagi banyak orang. 

Sebagian tempat di planet Bumi ini bahkan memiliki kedalaman yang sulit dijangkau oleh manusia. Beberapa orang yang takut kedalaman merasa bahwa di dalam tempat itu ada suatu makhluk yang besar dan bisa menerkamnya kapan saja. 

Advertisement

Tempat terdalam di bumi adalah Palung Mariana. Titik terdalam parit adalah Challenger Deep di dekat wilayah AS di Guam, jurang yang hampir 36.000 kaki (10.973 meter) di bawah permukaan air. 

Wilayah terdalam di Samudra Atlantik adalah Milwaukee Deep di poros Palung Puerto Rico sedalam 27.585 kaki (8.408 m). Berada di kedalaman 23.917 kaki (7.290 m) adalah wilayah tak bernama di dasar Samudra Hindia.

Samudra Selatan (juga dikenal sebagai Samudra Antartika) mencapai kedalaman 24.229 kaki (7.385 m) di Palung Sandwich Selatan, dan Samudra Arktik mencapai kedalaman 16.000 kaki (4.877 m) di Molloy Deep di Selat Fram.

Melansir dari Live Science, berikut ini adalah tempat-tempat terdalam yang ada di dunia.

1. Palung Mariana 

Palung Mariana adalah jurang samudera sepanjang 1.580 mil (2.542 kilometer) tempat beberapa titik terdalam planet ini dapat ditemukan.

Hanya 27 orang yang pernah ke Challenger Deep, titik terdalam Palung Mariana: Yang pertama pergi ke sana adalah penjelajah Jacques Piccard dan Letnan Angkatan Laut Don Walsh, yang berkelana ke sana pada tahun 1960.

Mackenzie Gerringer melakukan ekspedisi pada tahun 2014 ke Sirena Deep sedalam 10.500 meter, salah satu bagian parit terdalam lainnya bersama rekan-rekannya dari University of Hawaii di Mānoa untuk mengamati kondisi menantang yang ada dalam kegelapan.

"Tidak ada sinar matahari. Suhunya dingin, biasanya sekitar 1-2°C. Tekanannya tinggi, hingga 15.000 pound per inci persegi [1.034 bar] di kedalaman samudra terbesar,” katanya dilansir dari Live Science, Selasa (14/3/2023). 

Selama ekspedisi Gerringer, dia, Drazen, dan rekannya mengirim penyelidikan ke dasar Sirena Deep dan menemukan spesies baru ikan siput Mariana. 

Makhluk seperti ini diadaptasi secara khusus untuk bertahan hidup di kedalaman. Menurut Gerringer, tekanan ekstrim menekan tubuh dan merusak enzim dan protein. 

Tempat terdalam tempat ikan terlihat adalah 8.000 meter 

2. Palung Puerto Rico

Di lepas pantai Puerto Rico dan selatan ujung Florida, Palung Puerto Rico - seperti kebanyakan parit laut dalam - adalah bukti peristiwa subduksi kuno.

"Sebagian besar habitat hadal ini adalah parit yang terbentuk melalui subduksi, di mana satu lempeng tektonik meluncur di bawah yang lain, menciptakan lembah yang dalam," kata Gerringer .

Pergeseran lempeng tektonik juga menjelaskan keberadaan sekelompok pulau vulkanik yang tersebar di dekatnya, karena subduksi adalah aktivitas tektonik yang sama yang dapat menyebabkan magma naik dari bawah kerak bumi.

Bagian terdalam dari parit adalah Milwaukee Deep, tempat penjelajah Victor Vescovo menyelam ke dalam kapal selam berawak pada tahun 2018 ( Vescovo sebelumnya pernah turun ke Palung Mariana dan merupakan orang pertama yang pernah menyelam ke Challenger Deep dua kali).

3. Palung Jawa dan Palung Sandwich Selatan 

Bagian terdalam Palung Jawa Samudra Hindia dan Palung Sandwich Selatan Samudra Antartika keduanya ditentukan oleh Ekspedisi Lima Kedalaman (FDE)  pada tahun 2021. 

Palu Jawa dikenal juga sebagai Sunda Double Trench yang terletak di sisi timur Samudera Hindia.

Menurut Britannica, letak Palung Jawa secara lebih spesifik adalah 305 kilometer dari barat daya pantai Sumatera dan Jawa.

Dengan kedalaman maksimal 7450 meter, Palung Jawa adalah titik terdalam dari Samudera Hindia.

Sebelum ekspedisi, sebagian besar wilayah yang tidak disebutkan namanya ini belum dijelajahi — Palung Sandwich Selatan, satu-satunya zona hadal di Bumi yang mengalami suhu di bawah nol, belum dijelajahi sama sekali sebelum misi ini.

Di Palung Jawa, kamera di pendarat FDE mengamati hadal ikan siput, teripang, dan bentuk kehidupan yang tampak aneh. 

Studi FDE lain yang diterbitkan di Deep Sea Research Part II: Topical Studies in Oceanography  menyoroti fauna di South Sandwich Trench. Di perairan beku ini, para peneliti menemukan amphipoda ikan siput, bintang rapuh, teripang, spons, dan crinoid.

4. Selat Fram 

Menuju ke Antartika ke Samudra Arktik, Ekspedisi Lima Kedalaman selanjutnya menyelidiki Kedalaman Molloy di Selat Fram yang terletak di  timur Greenland dan pulau Svalbard di lepas pantai utara Norwegia. 

Di Selat Fram , fluktuasi tingkat air tawar dan air asin berdampak pada populasi fitoplankton dan mikroba lainnya. Perubahan iklim telah berdampak paling besar pada Samudra Arktik dari lima samudra di dunia, dan ketebalan es laut terus menurun sejak tahun 1990.

Beberapa makhluk hidup di Molloy Deep. Ini pada dasarnya adalah kawah yang sangat besar, dan bahan organik berkumpul dan jatuh ke bawah, tetapi tidak banyak makhluk yang mendiami wilayah tandus ini, satu-satunya hewan yang tertangkap kamera adalah jenis teripang laut dalam yang dikenal sebagai babi laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Waisak, Berikut Jadwal Lengkap KA Bandara Jogja Kamis 23 Mei 2024

Jogja
| Kamis, 23 Mei 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement