Advertisement

17.280 Liter Minyakita Sudah Didistribusikan di Gunungkidul

Newswire
Kamis, 02 Maret 2023 - 13:37 WIB
Jumali
17.280 Liter Minyakita Sudah Didistribusikan di Gunungkidul Warga mengantre membeli minyak goreng kemasan saat peluncuran Minyakita di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (6/7 - 2022). Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Perdagangan Kabupaten Gunungkidul mencatat sebanyak 17.280 liter Minyakita sudah didistribusikan ke pedagang pasar rakyat dalam rangka menstabilkan harga minyak goreng di wilayah ini menjelang Ramadan 2023.

BACA JUGA: Sempat Tembus Rp17.000, Harga Minyakita Diklaim Sesuai HET

Advertisement

BACA JUGA:  TelkomClick 2023: Kesiapan Kerja Karyawan dalam Sukseskan Strategi Five Bold Moves di Tahun 2023

Kepala Seksi Distribusi Bidang Perdagangan Disdag Gunungkidul, Retno Utami mengatakan distribusi sudah dilakukan enam kali, bekerja sama dengan sejumlah distributor.

Pada Rabu (1/3) setidaknya ada dua lokasi distribusi Minyakita di Gunungkidul, yakni di Kapanewon Wonosari dan Playen.

"Wonosari ada 900 dus untuk 30 pedagang, sedangkan Playen sebanyak 500 dus untuk 18 pedagang," kata Retno Utami, Kamis (2/3/2023).

Ia mengatakan distribusi Minyakita disesuaikan dengan permintaan pedagang. Namun pedagang pun harus memenuhi sejumlah syarat, termasuk menandatangani pakta integritas pembelian.

Syaratnya yakni pedagang tidak boleh menjual Minyakita dengan harga lebih dari Rp14.000 per liter dan tidak boleh menimbun stok.

Selain itu, sebelum distribusi dilakukan, pihaknya sudah mendata para pedagang yang menjadi sasaran. Pendaftaran dilakukan lewat aplikasi "Simirah" (Sistem Informasi Minyak Goreng Curah) dengan kartu identitas.

"Distribusi untuk menangani kelangkaan Minyakita. Salah satunya dengan rutin melakukan distribusi ke pedagang," katanya.

Retno berharap distribusi Minyakita bisa mengatasi kelangkaan di pasaran,serta menekan harganya yang saat ini masih tinggi. "Akan kami gelontor terus ke pasaran," katanya.

Sementara itu, salah satu pedagang Pasar Playen Atuk membeli sebanyak 40 dus Minyakita kemasan 1 liter. Stok itu akan digunakan untuk memenuhi permintaan pembeli. Harga Eceran Tertinggi (HET) Minyakita Rp14.000 per liter.

"Permintaan Minyakita cukup tinggi karena harganya lebih murah namun dengan kualitas yang tidak jauh berbeda dengan minyak goreng bermerek," katanya.

BACA JUGA:  Finnet Dukung Digitalisasi Sistem Pembayaran Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cek Jadwal SIM Keliling di Sleman Selama April 2023

Sleman
| Sabtu, 01 April 2023, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Resep Semur Jengkol, Dijamin Bikin Nambah Nasi Terus

Wisata
| Jum'at, 31 Maret 2023, 12:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement