Advertisement

Atria Magelang Hadirkan Cerita Kebaikan Relief Candi Borobudur

Media Digital
Selasa, 14 Februari 2023 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Atria Magelang Hadirkan Cerita Kebaikan Relief Candi Borobudur Budayawan, Bambang Eka Prasetya pada acara Borobudur Pariwisastrayang digelar di Atria Hotel Magelang, Senin (13/2/2023). - Istimewa

Advertisement

MAGELANG—Cerita-cerita kebaikan yang ada di relief Candi Borobudur dihadirkan dalam tutur budayawan, Bambang Eka Prasetya pada acara Borobudur Pariwisastra  yang digelar di Atria Hotel Magelang, Senin (13/2/2023).

Hotel yang berlokasi di Jalan Sudirman No.42 ini menggelar acara apresiasi kepada asosiasi travel agent dan pelaku pariwisata. Para penyedia jasa pariwisata itu berasal dari berbagai daerah terpilih di antaranya dari Pemalang, Tegal, Jember, Bojonegoro, Malang, Cirebon, Semarang, Jogja, Banyumas, dan Magelang.

Advertisement

"Mereka kami hadirkan guna mengikuti serangkaian kegiatan yang telah dipersiapkan dengan baik yakni lokakarya pengetahuan tentang Borobudur dari sisi Sastra oleh Eyang Bambang Eka Prasetya, makan malam apresiasi dan staycation," kata General Manager Atria Hotel Magelang, Chandra Irawan di sela kegiatan.

Sebanyak 70 relasi agen dan pelaku pariwisata diundang dalam acara ini terkait Borobudur adalah salah satu dari 10 destinasi utama di Indonesia yang ditetapkan oleh Pemerintah.

BACA JUGA: Ke Depan, Naik Candi Borobudur Harus Pakai Sandal Khusus

Dalam kesempatan ini kita hadirkan Bambang Eka Prasetya sebagai sastrawan untuk memberikan cerita kebaikan-kebaikan yang dituangkan pada relief stupa Borobudur, sehingga acara ini disebut dengan istilah Borobudur Pariwisastra

"Terbukti melalui hasil riset dan tulisan sastra adalah sebagai disiplin ilmu beliau memberitahukan bahwa Borobudur merupakan bukti ajaran kebajikan dan kebijakan Budha untuk dunia," tambah Chandra.

Dalam tuturnya, Bambang Eka Prasetya mengatakan Pariwisastra Berawal dari keprihatinan khususnya Candi Borobudur yang dibangun bersasarkan sastra tetapi tidak pernah didekati dengan sastra.

Dia mengajak insan pariwisata untuk belajar tentang Borobudur melalui paradigma sastra. Selama ini, menurutnya yang banyak beredar adalah paparan tentang Borobudur dari paradigma opini dan hipotesis.

"Candi Borobudur dibangun oleg Gunadharma. Untuk dharma, yaitu memperkenalkan kebajikan. Bukan tempat suci. Yang benar adalah wahana belajar untuk berbuat bajik dan untuk pustaka," katanya.

Budayawan yang telah menulis 123 topik tentang Borobudur ini berharap para pelaku pariwisata ikut mengedukasi tentang inspirasi yang ada di Candi Borobudur untuk membangun karakter bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement