Advertisement

Pertempuran di Soledar Ukraina Berkecamuk, Mayat Bergelimpangan

Nancy Junita
Rabu, 11 Januari 2023 - 10:17 WIB
Sunartono
Pertempuran di Soledar Ukraina Berkecamuk, Mayat Bergelimpangan Pasukan Ukraina di Bakhmut. Moskow mengatakan merebut Bakhmut akan menjadi langkah besar untuk mengambil kendali penuh atas wilayah Donetsk Ukraina. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Ukraina menyatakan pasukannya masih mempertahankan posisi di kota pertambangan timur Soledar, menahan serangan gelombang demi gelombang tentara Rusia dan tentara bayaran yang mencari kemenangan medan perang pertama Moskow selama berbulan-bulan.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan pasukan Rusia dan pejuang Wagner, sebuah perusahaan tentara bayaran yang dijalankan oleh sekutu Presiden Vladimir Putin, mungkin telah menguasai sebagian besar pemukiman Soledar setelah empat hari penyerangan.

Advertisement

Tetapi Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Maliar mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Selasa (10/1/2023) malam bahwa pertempuran di kota itu masih berkecamuk.

"Musuh mengabaikan kerugian besar personelnya dan terus menyerbu secara aktif," katanya melansir Channel News Asia, rabu (11/1/2023).

Tidak ada kabar langsung dari Moskow tentang situasi di kota itu. Merebut Soledar akan menjadi pencapaian terbesar bagi Rusia sejak Agustus lalu, setelah serangkaian kemunduran yang memalukan di sebagian besar paruh kedua tahun 2022.

Pasukan Rusia telah berjuang selama berbulan-bulan merebut Kota Bakhmut, beberapa kilometer ke arah barat daya.

Tetapi setiap kemenangan harus dibayar mahal, dengan pasukan dari kedua belah pihak mengalami kerugian besar dalam beberapa pertempuran paling intens sejak Rusia menginvasi Ukraina hampir 11 bulan lalu.

Kyiv telah merilis gambar dalam beberapa hari terakhir yang menunjukkan puluhan tentara Rusia tewas berserakan di ladang berlumpur.

Moskow mengatakan merebut Bakhmut akan menjadi langkah besar untuk mengambil kendali penuh atas wilayah Donetsk Ukraina, salah satu dari empat provinsi yang diklaim telah dianeksasi dua bulan lalu.

"Poros Soledar Rusia kemungkinan besar merupakan upaya untuk menyelubungi Bakhmut dari utara dan mengganggu jalur komunikasi Ukraina," kata Kementerian Pertahanan Inggris dalam pengarahan singkat intelijen harian sebelumnya pada Selasa (10/1/2023).

Dalam pidato semalam, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengakui bahwa situasi di Soledar "sulit", tetapi mengatakan para pembela Ukraina telah menghabiskan lebih banyak waktu dengan bertahan, dan Kyiv pada akhirnya akan mengusir Rusia dari seluruh kawasan industri Donbas timur.

"Dan apa yang ingin diperoleh Rusia di sana? Semuanya hancur total, hampir tidak ada kehidupan yang tersisa. Dan ribuan orang mereka hilang: seluruh tanah di dekat Soledar ditutupi dengan mayat penjajah dan bekas luka akibat pemogokan," ujarnya.

"Seperti inilah kegilaan itu."

Di dekat Bakhmut, satu regu tentara Ukraina menembakkan semburan peluru dari senjata anti-pesawat berat ke tempat yang mereka katakan sebagai posisi darat Rusia, melintasi lapangan bersalju yang tandus.

"Kami sedang menggoreng orc," kata prajurit dengan nama samaran "Pilot", menggunakan cercaan umum Ukraina untuk pasukan Rusia.

Awaknya menerima koordinat pangkalan Rusia dari pengadu atau drone. Mereka secara berkala menembaki pangkalan-pangkalan Rusia, dan melepaskan badai tembakan hebat ketika pasukan musuh bergerak maju: "Jika mereka merayap dengan sangat aktif, maka kami membunuh mereka dalam jumlah besar."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Libur Lebaran Usai, Berikut Jadwal dan Tarif Terbaru Bus Damri dari Jogja ke Bandara YIA

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement