Advertisement

Hari Braille Sedunia Diperingati Setiap Tanggal 4 Januari, Ini Sejarahnya

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 04 Januari 2023 - 09:37 WIB
Sunartono
Hari Braille Sedunia Diperingati Setiap Tanggal 4 Januari, Ini Sejarahnya Huruf Braille

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Hari Braille Sedunia diperingati setiap tanggal 4 Januari. Peringatan ini untuk menghormati kelahiran penemu Braille, Louis Braille. Hadiah Braille untuk dunia telah mencerahkan kehidupan jutaan orang di seluruh dunia yang buta atau tunanetra, dan mereka mendapat manfaat dari pekerjaannya setiap hari.

Hari itu mereka yang tunanetra berhak mendapatkan standar hak asasi manusia yang sama dengan orang lain. Istilah 'Braille' dijuluki setelah penciptanya. Louis Braille yang seorang Prancis yang kehilangan penglihatannya sebagai seorang anak ketika dia secara tidak sengaja menusuk matanya dengan penusuk ayahnya.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA : Mulai April, Gratama Pustaka Sediakan Layanan Buku Braille 

Sejak usia 10 tahun, dia menghabiskan waktu di Royal Institute for Blind Youth di Prancis, di mana dia merumuskan dan menyempurnakan sistem titik timbul yang akhirnya dikenal sebagai Braille.

Braille menyelesaikan pekerjaannya, mengembangkan kode berdasarkan sel dengan enam titik, memungkinkan ujung jari merasakan seluruh unit sel dengan satu sentuhan dan bergerak cepat dari satu sel ke sel berikutnya.

Akhirnya, Braille perlahan diterima di seluruh dunia sebagai bentuk utama informasi tertulis untuk orang buta. Sayangnya, Braille tidak memiliki kesempatan untuk melihat seberapa berguna penemuannya itu. Dia meninggal pada tahun 1852, dua tahun sebelum Royal Institute mulai mengajar Braille.

BACA JUGA : FEATURE: Bagi Siswa Tunanetra, Braille Alfabet Saja Tak 

Bantuan luar biasa Braille yang membuka dunia aksesibilitas bagi orang buta dan tunanetra diakui oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGA). Pada November 2018, 4 Januari dinyatakan sebagai Hari Braille Sedunia. Hari Braille Sedunia yang pertama diperingati pada tahun berikutnya dan diperingati sebagai hari libur internasional. Tanggal 4 Januari yang dipilih oleh UNGA melalui proklamasi, menandai hari ulang tahun Louis Braille. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Fokus Pengembangan Gunungkidul Beralih dari Selatan ke Utara

Gunungkidul
| Rabu, 01 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement