Advertisement

Korsleting Jadi Biang Gedung Kantor Kemenkumham Terbakar, Bagaimana Nasib Dokumen Penting?

st22
Jum'at, 09 Desember 2022 - 14:17 WIB
Arief Junianto
Korsleting Jadi Biang Gedung Kantor Kemenkumham Terbakar, Bagaimana Nasib Dokumen Penting? Proses pemadaman api di gedung kantor Kemenhumkam, Jakarta, Kamis (8/12/2022). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Kebakaran terjadi di lantai V kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Jalan H.R. Rasuna Said No. Kav. 6-7 RT.16/4, Setiabudi, Jakarta Selatan pada Kamis (8/12/2022) pukul 10.45 WIB. 

Penyebab kebakaran gedung kantor Kemenkumham diduga karena akibat korsleting di salah satu gudang Sentra Mulia. “Dugaan penyebab kebakaran itu korsleting [listrik],” kata Plt Kasudin Gulkarmat Jakarta Selatan Sugeng kepada wartawan, Kamis (8/12/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan awalnya menerima laporan kebakaran tersebut pukul 11.08 WIB. Mereka mengerahkan 19 unit dengan 115 personel pemadam kebakaran berasal dari Jakarta Selatan dan 26 unit dengan 130 personel pemadam kebakaran berasal dari Jakarta Pusat dan Jakarta Barat. 

Penyebab kebakaran diduga karena terjadi korsleting listrik berasal dari gedung Sentra Mulia tepatnya pada gudang penyimpanan Barang Milik Negara (BMN) berisikan arsip surat, barang bekas, dan alat tulis tak terpakai habis terbakar namun tidak ada arsip penting yang terbakar pada kejadian itu. “Yang terbakar itu informasi di lantai V, gudang. Gudang administrasi sekretariat,” papar dia.

Sementara 20 tahanan warga negara asing (WNA) pun turut dievakuasi dan dipindahkan ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) di Kalideres, Jakarta Barat.

BACA JUGA: Tak Hanya Presiden Jokowi dan Ibu Negara, Kaesang Juga Disiram Oleh Sejumlah Menteri

Setelah ada dugaan penyebab kebakaran gedung Kemenkumham, petugas pemadam kebakaran menerjunkan 26 unit mobil pemadam kebakaran berikut dengan 130 personel.

Dia menjelaskan proses pemadaman tak menemui kendala selain asap yang banyak. “Sebetulnya tidak ada kendala dan kesulitan karena kita menggunakan sumber air dari gedung. Kemudian, kendalanya, di sana banyak asap saja,” papar dia.

Akibat kebakaran Gedung Kemenkumham itu, sekitar pukul 13.00 WIB, mobil damkar mulai berangsur meninggalkan lokasi kebakaran. 

Sementara, Kabag Humas Kemenkumham, Tubagus Erif, menyampaikan kebakaran terjadi sekitar pukul 10.45 WIB. Penyebab kebakaran Gedung Kemenkumham di Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan yang digunakan untuk penyimpanan barang milik negara. Sedangkan dokumen penting di kantor Kemenkumham tidak ikut terbakar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Jembatan Srandakan 3 Akan Menghubungkan JJLS di Selatan DIY

Jogja
| Selasa, 07 Februari 2023, 07:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement