Advertisement

5.000 Sukarelawan Menginap di Asrama Haji Donohudan Sebelum ke Pernikahan Kaesang

Newswire
Jum'at, 02 Desember 2022 - 13:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5.000 Sukarelawan Menginap di Asrama Haji Donohudan Sebelum ke Pernikahan Kaesang Ribuan relawan Jokowi memadati Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/8/2018). - Suara

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Sekitar 5.000 sukarelawan Jokowi direncanakan menginap di Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali sebelum datang ke pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep. Gedung AHD Boyolali telah dipesan dua hari pada Sabtu–Minggu (10 – 11/12/2022).

“Betul [AHD dipakai menginap sukarelawan Jokowi],” ujar Kepala Unit Pengelola AHD, Bambang Sumanto,, dikutip dari Solopos.com-jaringan Harianjogja.com, Jumat (2/11/2022). 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Bambang menginformasikan para sukarelawan Jokowi dijadwalkan akan masuk pada 10 Desember pagi dan kemungkinan akan pulang pada 11 Desember sore.

“Dulu pas pernikahan Mas Gibran dan Mbak Kahiyang AHD juga dipakai, dan pengalaman yang dulu-dulu mereka [sukarelawan Jokowi] itu pada temu kangen, jagongan begitu, malah enggak tidur,” kata dia.

Lebih lanjut, ia juga mengungkapkan panitia pernikahan telah memesan sekitar 5.000 tempat tidur lebih dari sepekan yang lalu untuk sukarelawan Jokowi dari berbagai daerah.

Baca juga: Pernikahan Kaesang dengan Erina: 530 Polisi Klaten Amankan Jalan Solo Jogja

Bambang menyebutkan sebenarnya daya tampung AHD Boyolali hanya sekitar 1.850 kamar tidur. Namun, nantinya dipergunakan ekstra bed agar dapat menampung sekitar 5.000 sukarelawan Jokowi.

Total akan ada tujuh gedung yang dipergunakan dalam menampung sukarelawan Jokowi yang akan menginap di AHD Boyolali sebelum ke pernikahan Kaesang.

“Semua gedung dipakai, Gedung Shafa, Gedung Madinah lantai II dan III, gedung Makkah I, II, dan III, gedung Arofah, gedung Jeddah, Gedung Muzdalifah, terus di sekretariat lantai II, dipakai semua,” jelas dia.

Ia menjelaskan pihaknya hanya menyiapkan tempat untuk tidur. Terkait siapa saja dan dari mana yang datang, panitia pernikahan yang paham.

Selain menyiapkan tempat tidur, Bambang mengatakan dirinya juga menyiapkan sebanyak 80 toilet portable selain toilet di masing-masing kamar.

“Air juga insya Allah aman. Di sini ada dua sumur dalam, yang satu tampungannya sekitar 125 meter kubik, dan yang satunya 225 meter kubik,” jelas dia.

CFD Tetap Jalan

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan Solo Car Free Day (CFD) tetap berjalan normal meskipun ada kegiatan rangkaian pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono di Kota Solo, Minggu (11/12/2022).

“CFD tetap seperti biasa, para pedagang tetap bisa berjualan seperti biasa. Penak to,” kata Gibran kepada wartawan di Balai Kota Solo, Senin (28/11/2022).

“Kalau ramai tambah apik, dodolan kepayon kabeh [dagangan laku semua],” lanjutnya.

Wali Kota Solo menjelaskan tidak ada penutupan jalan atau perubahan aktivitas warga Minggu pagi selama rangkaian pesta pernikahan Kaesang dan Erina berlangsung. Pemkot Solo menyediakan dukungan, antara lain kantong parkir serta pengamanan.

Dia menjelaskan pengantin akan melakukan kirab dari Loji Gandrung sampai Pura Mangkunegaran. Prosesi adat pernikahan, antara lain siraman, dilakukan di rumah pribadi, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Begini Foto Rancangan Jembatan Pandansimo yang Menyambungkan JJLS Bantul dan Kulonprogo

Jogja
| Rabu, 08 Februari 2023, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement