Advertisement

DIY Ingin Terapkan Demokrasi Modern, seperti Apa Bentuknya?

Bhekti Suryani
Sabtu, 12 November 2022 - 15:07 WIB
Bhekti Suryani
DIY Ingin Terapkan Demokrasi Modern, seperti Apa Bentuknya? Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sekretaris Daerah Istimewa Yogyakarta Kadarmanta Baskara Aji menyatakan Pemda DIY berjanji menerapkan model demokrasi modern dimana pemerintah menempatkan diri sebagai fasilitator bagi warganya, khususnya generasi muda.

"Sesungguhnya pemerintah daerah hanya akan menjadi fasilitator terhadap aktivitas dari generasi muda yang tentunya selama ini juga sudah memberikan andil kepada DIY," ujar Baskara Aji dikutip dari laman resmi Pemda DIY, Sabtu (12/11/2022).

Salah satu ciri demokrasi modern adalah tidak banyak peraturan yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh pemerintah, kata Aji saat dialog "Reaktualisasi Nilai-Nilai Kepahlawanan di Mata Generasi Muda untuk Menyongsong Jogja Masa Depan" di Yogyakarta, Jumat (11/11/2022) malam.

Dalam demokrasi modern, kata dia, pemerintah lebih banyak menjadi fasilitator, sehingga warganya bisa melakukan inovasi dan mengembangkan kreativitas tanpa terbelenggu oleh aturan.

"Itulah janji kami, kami tidak akan terlalu banyak mengatur atau menerbitkan peraturan," ucap dia.

Dengan memberikan ruang bagi generasi muda untuk berkreasi, berinovasi, dan mengisi kehidupan, menurut dia, Yogyakarta bisa menjadi daerah yang modern dan dibanggakan oleh Indonesia.

Sekda DIY juga meminta para pemuda di provinsi ini mampu meneladani perjuangan KGPAA Paku Alam VIII yang belum lama ditetapkan pemerintah sebagai pahlawan nasional.

BACA JUGA: Gedung Sekolah Ambruk yang Tewaskan Siswa di Gunungkidul Dibangun Tak Sesuai Prosedur

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Gelar pahlawan ini menyusul dari yang sudah diberikan kepada Sri Sultan Hamengku Buwono IX, yang dua-duanya pernah menjabat menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DIY. Beliau berdua punya jasa bagi republik ini dan saya berharap generasi muda tidak meninggalkan jejak langkah generasi pendahulu," ujarnya.

Untuk mewujudkan DIY yang lebih baik, Aji pun mengajak para generasi muda untuk bersama merasa bertanggung jawab, dengan merasa memiliki DIY.

Pesan itu, menurutnya, tidak hanya berlaku bagi warga asli tapi juga warga luar daerah yang berada di DIY.

 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Sleman Inklusi Siap Wujudkan Disabilitas Unggul

Sleman
| Kamis, 08 Desember 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement