Advertisement

Polri Bentuk Timsus untuk Mengusut Produksi Obat Sirop Pemicu Gagal Ginjal Akut

Lukman Nur Hakim
Senin, 24 Oktober 2022 - 10:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Polri Bentuk Timsus untuk Mengusut Produksi Obat Sirop Pemicu Gagal Ginjal Akut Polri Akan Bentuk Tim, Usut Produksi Obat Sirop Penyebab Gagal Ginjal Akut. Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo - Bisnis/Lukman Nur Hakim

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Polri akan turut mengusut produksi obat sirop pemicu penyakit gagal ginjal akut pada anak dengan membentuk tim khusus atau timsus.

Pembentukan tim ini merupakan tindak lanjut arahan dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan bahwa tim bentukan Polri akan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

“Tentunya Polri akan segera membentuk tim dan berkoordinasi dengan Kemenkes dan BPOM untuk bersama mendalami kejadian ini,” ujar Dedi kepada wartawan dikutip, Senin (24/10/2022).

Baca juga: Anak Meninggal karena Gagal Ginjal Akut Meski Tak Konsumsi Obat, Begini Kata Dinkes DIY

Sebelumnya, Kabag Penum Kombes Pol Nurul Azizah mengatakan pihaknya telah menginformasikan Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) untuk melakukan pemantauan terkait obat sirop yang mengandung etilen glikol (EG) melebihi ambang batas aman.

“Para Kasatwil sudah diinfokan untuk membantu melakukan pemantauan [terhadap obat sirup mengandung EG berlebih,” ujar Nurul saat dihubungi wartawan, Jumat (21/10/2022)

Sekadar informasi, Muhadjir Effendy meminta Kapolri Jend. Pol. Listyo Sigit Prabowo untuk segera mengusut kasus Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) pada anak. 

Advertisement

Permintaan kepada Kapolri disampaikan oleh Menko PMK setelah mengadakan Rapat koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait, yaitu Kemenkes, Kemendag, Kemenperin, dan BPPOM secara virtual.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Sabtu, 10 Desember 2022

Jogja
| Sabtu, 10 Desember 2022, 08:07 WIB

Advertisement

alt

Liburan di DIY saat Akhir Tahun? Fam Trip di Lokasi-Lokasi Ini Layak Dicoba

Wisata
| Jum'at, 09 Desember 2022, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement