Advertisement

Ini 7 dari 102 Obat yang Diminum Pasien Gagal Ginjal, BPOM: Aman Dikonsumsi!

Akbar Evandio
Minggu, 23 Oktober 2022 - 20:07 WIB
Arief Junianto
Ini 7 dari 102 Obat yang Diminum Pasien Gagal Ginjal, BPOM: Aman Dikonsumsi! Ilustrasi anak minum obat sirup cair - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA  - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan bahwa 23 produk dari daftar 102 obat sirop yang dikonsumsi oleh pasien gagal ginjal akut progresif atipikal (acute progresive acute kidney injury) aman setelah dilakukan pengujian.

Dalam konferensi pers di Kantor BPOM, Kepala BPOM RI Penny K. Lukito mengatakan bahwa dari daftar tersebut 23 obat tidak menggunakan propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, dan/atau gliseron/gliserol yaitu bahan-bahan pelarut dalam obat sirop.

"Dari 102 obat sirup itu ada 23 produk tidak menggunakan keempat pelarut tersebut, sehingga aman digunakan," katanya, Minggu (23/10/2022).

Sementara itu, terdapat juga pengujian tujuh produk dari daftar 102 obat yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan dan dinyatakan aman digunakan sepanjang sesuai aturan pakai.

Penny mengatakan tiga produk yang telah diuji dan dinyatakan mengandung etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG). Ketiga produk itu sebelumnya sudah dilaporkan BPOM telah mengandung cemaran EG dan DEG.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kepala BPOM, Penny Lukito mengatakan ada tujuh produk dari 102 produk obat sirop yang dikumpulkan dari pasien gagal ginjal akut, dinyatakan aman digunakan sepanjang sesuai aturan pakai.

Adapun ketujuh produk yang dimaksud yaitu sirop parasetamol yang diberikan pada pasien gagal ginjal yang sebelumnya diduga menjadi pemicu.

Namun, berdasarkan hasil penelitian lebih lanjut, menurut Penny, hasilnya obat tesebut dinyatakan aman dikonsumsi selama sesuai dengan anjuran dan batas pemakaian.

BACA JUGA: Duh, Saldo Pemda 'Ngaggur' di Bank Capai Rp223,8 Triliun

Sebelumnya Kemenkes telah mengumumkan telah mendeteksi tiga zat yang ditemukan dalam obat yang dikonsumsi oleh balita pasien penyakit ini.

Kemenkes melalui konferensi pers pada Jumat (21/10/2022) sore kemudian mengumumkan 102 daftar obat yang ditemukan di rumah 156 pasien gangguan ginjal misterius ini.

Advertisement

Kemenkes juga telah mengonfirmasi bahwa sejumlah obat tersebut sebelumnya telah diberikan pada pasien sebelum menderita gangguan ginjal misterius.

Berikut daftar obat yang dikonsumsi pasien gagal ginjal, dan telah dinyatakan aman oleh BPOM:

1. Ambroxol HCI

Advertisement

2. Anakonidin OBH

3. Paracetamol Sirup dari Sampharindo

4. Paracetamol Sirup dari Afi Farma,

5. Paracetamol Sirup dari Kimia Farma

Advertisement

6. Paracetamol Sirup dari Mersifarma TM

7. Paracetamol Drops dari Afi Farma.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

STB di DIY Kian Mahal, Stasiun TV Bagikan Gratis untuk Warga

Jogja
| Sabtu, 10 Desember 2022, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Liburan di DIY saat Akhir Tahun? Fam Trip di Lokasi-Lokasi Ini Layak Dicoba

Wisata
| Jum'at, 09 Desember 2022, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement