Advertisement

Gibran hingga Ridwan Kamil Akan Mengisi KTT Y20 di Solo

Sunartono
Jum'at, 21 Oktober 2022 - 13:27 WIB
Bhekti Suryani
Gibran hingga Ridwan Kamil Akan Mengisi KTT Y20 di Solo Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sejumlah politikus mulai dari Gibran Rakabuming hingga Ridwan Kamil akan mengisi gelaran KTT Youth 20 (Y20) untuk menindaklanjuti hasil kesepakatan para pemuda dunia tersebut di Kota Solo, Jawa Tengah.

Kegiatan bertajuk Gaung Muda Indonesia ini akan dilaksanakan di Surakarta bertepatan dengan momentum Sumpah Pemuda, tepatnya pada tanggal 28-30 Oktober 2022.

Advertisement

Event itu akan menjadi momentum bersejarah bagi pemuda Indonesia. Kehadiran Y20 akan memberikan para pemuda Indonesia kesempatan mengembangkan gagasan yang relevan, baik di forum global dan dalam konteks lokal kedaerahan.

Co-Chair Y20 Indonesia Michael Victor Sianipar menekankan pentingnya pemuda dilibatkan dalam pengambilan keputusan arah pembangunan bangsa.

Perjuangan pemuda bukan hanya sekedar menghasilkan dokumen rekomendasi kebijakan, tetapi memastikan dokumen tersebut dapat diimplementasikan dengan baik oleh para pemimpin G20 dan oleh para generasi muda.

Ia menegaskan Y20 Indonesia berkomitmen untuk membangun rasa kepemilikan pemuda terhadap kepemimpinan Indonesia di G20. "Event G20 jangan berhenti di institusi pemerintahan, tapi harus sampai ke masyarakat. Kesuksesan G20 Indonesia juga ditentukan dari sejauh mana bangsa kita terinspirasi untuk bergerak," katanya dalam rilisnya, Kamis (20/10/2022).

Rangkaian acara Gaung Muda Indonesia diawali di pagi hari di Stadion Manahan yang akan dihadiri oleh 10.000 pelajar Surakarta untuk merayakan Sumpah Pemuda bersama Radio Republik Indonesia (RRI). Siangnya, 200 pemuda pilihan akan berkumpul di Hotel Alila untuk memaparkan ide implementasi kebijakan dari communiqué Y20 di hadapan High-Level Panelists yang terdiri dari tokoh-tokoh nasional dari kalangan pemerintah, swasta, LSM, dan komunitas pemuda. 

Sederet nama seperti Sandiaga Uno, Emil Dardak, Bima Arya, Shinta Kamdani, Jovial Da Lopez, Andhyta Firselly Utami, Nadya Saib, Ricky Silaen, dan Tania Soerianto akan turut berpartisipasi dalam kegiatan siang hari sebagai High Level Panelist.

Malamnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka akan mengisi talkshow khusus bertemakan Enhancing the Role of Young Leaders. Ketiga kepala daerah tersebut membagikan perspektif dan pengalaman kepemimpinannya. Kehadiran tokoh di seluruh rangkaian ni membuka forum interaktif antara pemuda dengan para pemimpinnya. Rokoh pemimpin yang dihadirkan juga mewakili pemuda. 

"Kami berharap nantinya gagasan para pemuda dapat terimplementasi dengan baik melalui kegiatan lanjutan seperti mentorship atau adopsi ide oleh para tokoh nasional yang hadir," kata Rana Baswedan, Ketua Divisi Program Y20 Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rute, Tarif dan Jalur Bus Trans Jogja, Yuk Cek di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement