Advertisement

Jokowi Beri Jawaban soal Isu Pencopotan Kapolri

Akbar Evandio
Kamis, 13 Oktober 2022 - 17:17 WIB
Budi Cahyana
Jokowi Beri Jawaban soal Isu Pencopotan Kapolri Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab rumor soal pencopotan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menyusul Tragedi Kanjuruhan. Jokowi menegaskan Listyo Sigit masih menduduki posisi tertinggi Polri.

"Saya melihat polisi masih bekerja keras untuk membantu masyarakat, melayani masyarakat," ujarnya di Kantor Pos KCU Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10/2022).

Advertisement

Hal ini dia sampaikan saat ditanyakan mengenai isu pencopotan Listyo Sigit Prabowo akibat Polri yang sedang menjadi sorotan masyarakat dalam beberapa waktu terakhir.

"Kapolrinya masih Pak Listyo Sigit Prabowo," tegasnya.

Sorotan dimulai dari kasus pembunuhan Brigadir J yang didalangi oleh Ferdy Sambo. Sorotan lainnya adalah Tragedi Kanjuruhan, di Malang, Jawa Timur, lantaran polisi lalai menembakkan gas air mata ke arah tribune penonton.

Di sisi lain, Jokowi malah memberi sinyal akan ada rencana perombakan (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju seusai Partai Nasdem mendeklarasikan capresnya.

"Rencana selalu ada, pelaksanaan nanti diputuskan," katanya.

Sebelumnya, sejumlah organisasi sukarelawan Jokowi membuat surat terbuka. Mereka mendesak Jokowi untuk mencopot tiga orang menteri asal Partai Nasdem. Sukarewalan tidak terima dengan keputusan Nasdem mengusung Anies Baswedan sebagai capres yang dinilai memainkan politik identitas saat memenangi Pilkada DKI 2017.

Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate pun menilai reshuffle kabinet merupakan kewenangan presiden sehingga sukarelawan tidak seharusnya mendorong Presiden untuk melakukan hal tersebut. 

"Hal-hal yang substantif saja, apalagi yang terkait dengan kewenangan-kewenangan melalui konstitusi, apalagi yang berkaitan dengan kewenangan prerogatif presiden, kok malah ikut campur?" katanya saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Catat! Ini Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Jogja Sabtu 27 April 2024

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement