Advertisement

Pengin Tahu SPBU Curang saat Isi BBM? Simak Tips Ini

Restu Wahyuning Asih
Rabu, 07 September 2022 - 19:57 WIB
Jumali
Pengin Tahu SPBU Curang saat Isi BBM? Simak Tips Ini Ilustrasi. - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO — Pemerintah resmi menaikkan harga BBM subsidi dan nonsubsidi mulai Sabtu (3/9/2022). Kenaikan harga BBM ini pun berdampak kepada perekonomian masyarakat.

Alhasil, masyarakat pun mencoba untuk menghemat pengeluaran BBM. Di tengah melonjaknya harga BBM, ada beberapa tips mengetahui SPBU berlaku curang.

Salah satu akun Twitter mencuitkan bahwa membeli bensin di SPBU biasakan dengan nominal ganjil. Menurutnya, tips tersebut diberikan langsung oleh orang SPBU.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

"Ada tips dari orang SPBU Pertamina. Kalau beli bensin nilai rupiahnya harus ganjil. Contohnya Rp 155.500 atau Rp 77 ribu. Jangan Rp100 ribu," kata akun tersebut. Menurutnya, banyak SPBU berlaku curang dengan men-setting literan bensin di angka genap.

Berikut tips mengetahui SPBU berlaku curang:

1. Cek meteran awal dan akhir

Cara pertama untuk mengetahui SPBU curang adalah dengan memeriksa angka meteran di SPBU saat petugas mengisi BBM. Pastikan angka meteran di mesin pengisian SPBU tersebut berawal dari angka O.

Setelah selesai mengisi BBM, pastikan Anda juga mengecek poisisi angka terakhir di mesin pengisian BBM tersebut sesuai dengan jumlah yang Anda beli.

2. Waspadai pengisian manual

Cara menghindari pengisian BBM di SPBU yang berlaku curang yakni melihat nozzle (ujung selang tempat keluarnya bensin). Saat ini nozzle sudah otomatis sehingga bensin akan berhenti sesuai takaran. Namun apabila nozzle manual, Anda harus perhatikan kapan petugas menghentikan pengisian bensin.

3. Menggoyangkan tangki bahan bakar

Coba mengisi bahan bakar dengan menggoyangkan tangki bahan bakar. Tips ini dilakukan agar tangki terisi sempurna karena ketika motor diisi bahan bakar kemungkinan ada udara yang masuk dan posisi miring. Usahakan juga posisikan motor standar tengah atau tegak. Hal ini juga bisa memaksimalkan pengisian bahan bakar.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

2 Bangunan Arsitektur Gaya Jogja Jadi Ikon & Pengungkit Ekonomi Desa

Jogja
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 03:27 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement