Advertisement

Filipina Dihantam Gempa Magnitudo 7,1, Gedung hingga Bangunan Bersejarah Rusak

Aprianto Cahyo Nugroho
Rabu, 27 Juli 2022 - 15:17 WIB
Bhekti Suryani
Filipina Dihantam Gempa Magnitudo 7,1, Gedung hingga Bangunan Bersejarah Rusak Ilustrasi gempa - pixabay.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Gempa dengan magnitudo 7,1 mengguncang pulau Luzon di Filipina pada Rabu (27/7/2022) merusak bangunan di provinsi Abra utara. Getaran juga terasa hingga ibu kota Manila.

Dilansir Bloomberg, Institut Volkanologi dan Seismologi Filipina mengatakan getaran terasa pada pukul 08.43 waktu setempat.

Advertisement

Direktur Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina Renato Solidum mengatakan gempa tersebut tergolong dalam gempa besar dan berpotensi menghancurkan. Ini merupakan gempa daratan terkuat sejak gempa di Filipina tengah pada 2013.

Wakil Gubernur Abra mengatakan seorang pria berusia 25 tahun tewas oleh puing-puing yang jatuh ketika gempa melanda sekitar 11 km tenggara kota Dolores pada kedalaman 10 km.

Presiden Ferdinand Macros Jr. mengatakan meskipun laporan tentang kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi, pemerintah menjamin tanggapan cepat kepada mereka yang membutuhkan dan terkena dampak bencana ini.

BACA JUGA: Hiu Tutul Raksasa Mati dan Terdampar di Pesisir Kulonprogo

Walikota Candon City di provinsi Ilocos Sur Eric Singson meminta penduduk untuk keluar dari rumah mereka, mengantisipasi guncangan. Pasien di sebuah rumah sakit di Abra juga dipindahkan ke tenda, yang didirikan sebagai fasilitas sementara.

Getaran tersebut memicu tanah longsor di Provinsi Benguet dan Gunung, yang menyebabkan penutupan jalan. Gangguan listrik dan koneksi internet dan telepon yang buruk juga terjadi.

Kota bersejarah Vigan di Ilocos Sur, Situs Warisan Dunia UNESCO yang dikenal dengan rumah leluhur, juga mengalami kerusakan. Sebuah menara lonceng berusia berabad-abad di daerah itu juga runtuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Perayaan Paskah 2024, Tim Jibom Polda DIY Melakukan Sterilisasi Sejumlah Gereja di Jogja

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement