Advertisement

DPR Minta Pemerintah Susun Skema Kredit Rumah yang Sesuai dengan Daya Beli Milenial

Fitri Sartina Dewi
Selasa, 12 Juli 2022 - 21:27 WIB
Budi Cahyana
DPR Minta Pemerintah Susun Skema Kredit Rumah yang Sesuai dengan Daya Beli Milenial Pembangunan rumah subsidi di Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/1/2021). - JIBI/Bisnis.com/Abdurachman

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - DPR meminta pemerintah segera menyusun skema kredit pemilikan rumah (KPR) bersubsidi yang sesuai dengan daya beli dan kebutuhan generasi milenial.

Permintaan tersebut disampaikan anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komaruddin untuk merespons pernyataan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani yang menyebut bahwa generasi milenial akan semakin sulit untuk memiliki hunian atau rumah.

Advertisement

“Persoalan ketersediaan rumah terjangkau memang menjadi masalah krusial yang kini dihadapi generasi milenial seperti saya. Karena itu, kami dorong pemerintah untuk terus merumuskan skema KPR bersubsidi yang semakin menyasar kemampuan daya beli dan kebutuhan generasi milenial,” ujar Puteri dalam keterangan pers dikutip Selasa (12/7/2022).

Puteri juga mengimbau pemerintah berhati-hati terhadap rencana pengembangan sekuritisasi terhadap cicilan KPR atau lebih dikenal Mortgage-Backed Securities (MBS).

MBS adalah perusahaan pembiayaan sekunder perumahan yang dibentuk untuk membeli suatu KPR dari bank kreditur, yang kemudian tagihan ini dikemas dalam suatu efek utang yang kemudian dijual kepada investor, misalnya perusahaan asuransi, dana pensiun, atau investor perorangan.

Di beberapa negara, MBS tersebut dapat menjadi salah satu alternatif pembiayaan, yaitu dengan tersedianya pasar pendanaan KPR untuk menjadi sumber pendanaan jangka menengah dan panjang secara konsisten.

“Kita harus ambil pelajaran dari pengalaman krisis global 2008. Karena itu rencana ini perlu diperhitungkan dengan matang disertai manajemen risiko yang baik dan transparan,” ujar Puteri.

Selain itu, Puteri juga mendorong otoritas lain seperti Bank Indonesia untuk menjaga stabilitas suku bunga acuan dan menurunkan risiko dari Aset Tertimbang Menurut Risiko (ATMR) sektor properti.

“Hingga melonggarkan loan to value atau uang muka kredit rumah,” tuturnya.

Sebelumnya, Menkeu Sri Mulyani mengungkap bahwa generasi milenial akan semakin sulit untuk memiliki hunian atau rumah. Menurutnya, hal ini karena suku bunga di sejumlah negara mulai mengalami kenaikan. Bahkan kenaikannya sudah mendekati angka inflasi, sehingga dinilai cukup mengkhawatirkan.

Kenaikan suku bunga ini dimungkinkan juga akan mempengaruhi suku bunga sektor perumahan, seperti bunga KPR. Kondisi tersebut akan membuat kaum milenial berpikir ulang untuk membeli hunian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pencegahan Kecelakaan Laut di Pantai Selatan, BPBD DIY: Dilarang Mandi di Laut

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement