Advertisement

China Minta Pembunuhan Shinzo Abe Tidak Dikaitkan Hubungan China-Jepang

Newswire
Sabtu, 09 Juli 2022 - 03:27 WIB
Budi Cahyana
China Minta Pembunuhan Shinzo Abe Tidak Dikaitkan Hubungan China-Jepang Shinzo Abe tiba di kediaman resminya di Tokyo, Jepang. - Reuters/Yuya Shino

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah China meminta penembakan mantan Predana Menteri Jepang Shinzo Abe tidak dikaitkan dengan hubungan China dan Jepang.

"Insiden tak terduga ini seharusnya tidak dikaitkan dengan hubungan China-Jepang," kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Zhao Lijian di Beijing, Jumat (8/7/2022).

Advertisement

Hal tersebut dia sampaikan untuk menanggapi pernyataan wartawan bahwa beberapa warganet China mengomentari penembakan terhadap Abe itu yang dikaitkan dengan kesalahannya dalam mengelola relasi Jepang dengan China.

"Saya tidak akan menanggapi komentar yang diunggah secara daring," ujarnya.

Zhao justru mengatakan bahwa Abe berkontribusi positif dalam meningkatkan hubungan China dengan Jepang. Dia juga menyatakan bahwa pemerintah China sangat berduka atas meninggalnya Shinzo Abe.

"Kami sangat berduka dan menyampaikan simpati kepada keluarga mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe," ucapnya.

Abe yang melepaskan jabatan PM Jepang pada 2020 ditembak saat berkampanye untuk pemilihan parlemen di Kota Nara, Jepang, pada Jumat. Akibat tembakan tersebut Abe tersungkur dan tak sadarkan hingga dilarikan ke rumah sakit.

Setelah menjalani perawatan intensif di rumah sakit selama beberapa jam, Abe akhirnya menghembuskan napas terakhirnya dalam usia yang ke-67 tahun.

Meskipun sudah tidak lagi menjabat PM, Abe sering kali menyuarakan dukungannya terhadap Taiwan yang membuat China berang.

"Situasi darurat seperti apa pun di Taiwan akan berarti situasi darurat juga bagi Tokyo," kata Abe pada 14 Desember 2021.

Presiden Taiwan Tsai Ing Wen merasa berduka atas peristiwa pembunuhan Abe. "Tidak hanya komunitas internasional yang merasa kehilangan pemimpin penting, melainkan juga Taiwan kehilangan seorang sahabat dekat dan penting," ujar Tsai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kirab Pengantin Tebu di Pabrik Gula Madukismo

Bantul
| Selasa, 23 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement