Advertisement

Impor Minuman Beralkohol Tahun Depan Akan Makin Banyak

Rahmad Fauzan
Rabu, 06 Juli 2022 - 19:47 WIB
Budi Cahyana
Impor Minuman Beralkohol Tahun Depan Akan Makin Banyak Ilustrasi minuman beralkohol - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Impor minuman beralkohol Tanah Air diperkirakan bisa rebound tahun depan dengan asumsi tidak terjadi pengetatan aktivitas masyarakat dan bisnis akibat Covid-19.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Importir dan Distributor Minuman (Apidmi) Ipung Nimpuno mengatakan impor minuman beralkohol di Indonesia berkisar antara 60-65 persen dari kondisi sebelum pandemi.

Advertisement

BACA JUGA: ORI DIY Kebanjiran Keluhan soal Jual-Beli Seragam di Sekolah Selama PPDB Tahun Ini

"Bisnis minuman alkohol dua tahun terakhir tiarap karena mobilitas orang terbatas. Sekarang, impor belum pulih, masih sekitar 65 persen dibandingkan sebelum pandemi," kata Ipung, Rabu (6/7/2022).

Dia memperkirakan, impor komoditas minuman beralkohol di Indonesia akan mengalami rebound selambat-selambatnya akhir 2023 dengan asumsi kondisi seperti dijelaskan sebelumnya.

Di Indonesia, pangsa pasar produk minuman beralkohol bisa dikatakan tidak besar. Dari total produk alkohol yang dijual secara legal di dalam negeri, barang-barang berstatus impor hanya memiliki pangsa sebanyak 5%.

Menurut Ipung, kecilnya porsi pasar minuman beralkohol impor di Indonesia mengimbangi segmentasi konsumen. Dia mengatakan konsumen minuman beralkohol impor di Indonesia spesifik di kelas ekonomi menengah ke atas.

"Karena mahal, konsumen spesifik, dengan harga Rp800.000 hingga Rp8 juta, orang yang mau membeli hanya dari ekonomi menengah ke atas," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement