Advertisement

USY-BOX, Alat dari UII untuk Deteksi Urin dengan Kamera

Sirojul Khafid
Kamis, 30 Juni 2022 - 21:27 WIB
Sirojul Khafid
USY-BOX, Alat dari UII untuk Deteksi Urin dengan Kamera Beberapa mahasiswa sedang merancang USY/BOX di UII beberapa waktu lalu.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Satu lagu inovasi tercipta dari mahasiswa dan mahasiswi Universitas Islam Indonesia (UII). Kali ini, sebagai upaya untuk memudahkan pengamatan kandungan urin, tim yang berada dalam bimbingan Inkubasi Bisnis dan Inovasi Bersama (IBISMA) UII merilis alat bernama USY-BOX.

Alat ini merupakan perangkat untuk mengetes urin melalui kamera smartphone. Setelah menggunakan kamera smartphone, alat terus disempurnakan menggunakan kamera Raspi. Menurut Chief Technology Officer USY-BOX, Agus Darmawan, penggunaan perangkat kamera berdampak signifikan, terutama dari sisi kecepatan mengeluarkan hasilnya.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Konsep kecepatan dengan kamera inilah yang diterapkan pada USY-BOX. Pada pengembangannya, alat ini mampu mengamati enam tes urin secara bersamaan dalam satu waktu. Kemampuan ini menjadikan USY-BOX dapat melakukan pengamatan tes urin secara cepat, mudah dan akurat,” kata Agus, Rabu (22/6/2022).

BACA JUGA: Bersama IBISMA UII, Startup Jogja Lahirkan AMONA TYRE

Penggunaan perangkat yang ada dalam USY-BOX juga membuat alat ini lebih terjangkau dibanding alat lain dengan kegunaan sejenis. Alat lain yang masih cenderung mahal berdampak pada tes urin yang hanya bisa dilakukan oleh rumah sakit besar.

“USY-BOX menawarkan perangkat tes urin yang cukup terjangkau, sehingga fasilitas-fasilitas kesehatan seperti puskesmas, klinik, maupun laboratorium umum dapat melakukan tes urine dengan mudah,” katanya.

Dalam praktiknya, tes urin merupakan salah satu landasan dokter untuk memperkuat diagnosa penyakit yang dimiliki oleh pasiennya. Tes urin juga digunakan untuk memantau kondisi kesehatan seorang pasien yang sedang menjalani tahapan penyembuhan medis. Dalam tes urin, beberapa informasi yang bisa didapat seperti tingkat kandungan leukosit, nitrite, urobilinogen, protein, pH, darah, ketone, bilirubin, dan gula dalam tubuh seseorang.

BACA JUGA: Pandemi Mereda, Mahasiswa Teknik Industri UII Diajak Keliling Eropa

Advertisement

Alat ini terinspirasi dari pengalaman salah satu anggota tim USY-BOX. “Kala itu, salah satu anggota melihat bahwa pengamatan tes urin di beberapa fasilitas kesehatan masih dilakukan secara manual. Hal ini berpotensi memberikan hasil tes urin yang kurang akurat,” kata Agus.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Sudah Usang, Plafon Ruang Kelas SDN Sendangsari Patuk Ambrol

Gunungkidul
| Rabu, 30 November 2022, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement