Advertisement

Dana Dekonsentrasi Bisa Perkuat Eksistensi Perpustakaan di Daerah

Media Digital
Sabtu, 11 Juni 2022 - 06:27 WIB
Arief Junianto
Dana Dekonsentrasi Bisa Perkuat Eksistensi Perpustakaan di Daerah Ruang Perpustakaan Nasional di Jakarta. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) berupaya memperkuat eksistensi perpustakaan di Indonesia, salah satunya melalui pemberian dana dekonsentrasi.

Dalam Sosialisasi Kegiatan Dana Konsentrasi Tahun 2022 yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (10/6/2022), Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Deni Kurniadi, menyatakan dana dekonsentrasi merupakan pelimpahan sebagian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Pemerintah Pusat kepada gubernur dan juga kepada instansi vertikal di wilayahnya.

Advertisement

BACA JUGA: Luhut Sebut Pemerintah Segera Hapus Minyak Goreng Curah

Dana dekonsentrasi perpustakaan Perpusnas diharapkan dapat membantu perpustakaan provinsi, selaku pembina perpustakaan, di dalam mengembangkan perpustakaan yang ada di wilayahnya.

“Dengan dana ini, diharapkan dapat sesuai dengan waktu yang diberikan selama satu tahun berjalan dan program selanjutnya diserahkan kepada daerah bagaimana memanfaatkan anggaran dana dekonsentrasi ini,” kata dia, melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat. 

Pada tahun ini, aktivitas dan alokasi anggaran dekonsentrasi bidang perpustakaan digulirkan untuk lima kegiatan yaitu pembinaan administrasi keuangan, pendataan bidang perpustakaan, lokakarya Bunda Literasi dan Duta Baca Daerah serta pegiat literasi daerah, penyusunan bibliografi daerah dan katalog induk daerah, serta sosialisasi jabatan fungsional pustakawan.

Dekonsentrasi bidang perpustakaan, kata dia, memiliki empat tujuan yakni untuk meningkatkan koordinasi, sinkronisasi, dan sinergi antara Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah di dalam pembangunan perpustakaan sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat.

“Selain itu, meningkatkan kegemaran membaca dan literasi masyarakat melalui perpustakaan, meningkatkan peran perpustakaan di daerah melalui pengembangan sumber daya perpustakaan, serta memperkuat data bidang kepustakaan dalam rangka pembinaan dan pengembangan perpustakaan di seluruh Indonesia,” ucap dia.

BACA JUGA: Pengamat Sebut Airlangga Berpotensi Jadi Capres Pilihan Rakyat

Dia menekankan, dinas perpustakaan provinsi harus dapat melaksanakan kegiatan pemanfaatan dana dekonsentrasi sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan. Sehingga diharapkan tidak ada daerah yang melaksanakan kegiatan, tetapi daya serapnya masih rendah.

“Oleh karena itu, akan menjadi reward and punishment terhadap pelaksanaan dana dekonsentrasi yang diberikan kepada dinas perpustakaan provinsi seluruh Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Perpusnas, Joko Santoso menambahkan, pada tahun ini total pagu anggaran dekonsentrasi mencapai Rp15, 8 miliar untuk lima kegiatan. Alokasi anggaran untuk 33 provinsi yang menerima dekonsentrasi berbeda, karena tergantung jumlah kabupaten/kota di provinsi tersebut.

Dia menyebut, ada beberapa catatan terkait dana dekonsentrasi terutama soal sinergitas perencanaan dan pelaksanaan kegiatan, misalnya keterlambatan pelaksanaan, keterlambatan penyampaian laporan, dan penyerapan.

Perpusnas menargetkan penyerapan dana dekonsentrasi pada akhir Juni 2022 sebesar 50%. Namun pada awal Juni, angkanya masih kurang menggembirakan.

Dia berharap sosialisasi ini dapat mendorong seluruh pihak untuk meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan dekonsentrasi. “Ini menjadi salah satu upaya dukungan kami dalam pembinaan dan pengembangan perpustakaan di wilayah provinsi melalui berbagai macam kegiatan,” kata dia.

BACA JUGA: Begini Siasat Luhut Mengatasi Krisis Minyak Goreng

Tahun ini, imbuh Joko, ada kegiatan baru yakni pendataan perpustakaan. Dia menekankan, pendataan perpustakaan merupakan upaya Perpusnas dalam melakukan data profiling seluruh jenis perpustakaan di seluruh wilayah Indonesia.

Ke depannya, validitas data yang diinput dalam pendataan, akan menjadi sandaran bagi Perpusnas dalam memberikan skema dekonsentrasi, skema bantuan, dan skema dana alokasi khusus fisik bidang subbidang perpustakaan daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement