Advertisement

Para Ulama Sarankan Jenazah Eril Tetap Dimandikan dan Disalatkan

Wisnu Wage Pamungkas
Jum'at, 10 Juni 2022 - 10:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Para Ulama Sarankan Jenazah Eril Tetap Dimandikan dan Disalatkan Ustad Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) - Youtube

Advertisement

Harianjogja.com, BANDUNG -Jenazah putra sulung, Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz telah ditemukan. Keluarga disarankan untuk tetap memandikan dan menyalatkan jenazah meski salat gaib sudah dilakukan.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat Rachmat Syafei mengatakan meski keluarga dan kerabat sudah menggelar salat gaib, salat jenazah tetap harus dilakukan jika jasad ditemukan.

Advertisement

"Jikalau jasadnya ditemukan, maka harus dimandikan dan salat jenazah. Itu tuntutannya, secara riwayat [pedoman] begitu," katanya dihubungi wartawan, Kamis (9/6/2022).

Rahmat mengatakan selain salat jenazah, jasad yang ditemukan juga harus dimandikan sesuai syariat Islam. Dengan catatan kondisi jenazah masih baik.

Baca juga: Breaking News! Jenazah Anak Ridwan Kamil, Eril Ditemukan

"Kalau kondisinya memungkinkan, maka dimandikan seperti jenazah biasa. Kalau tidak, dialirkan air saja," katanya.

Tuntunan yang sama juga datang dari KH Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym dan cucu dari pendiri Nahdlatul Uama (NU), KH Ghozi Wahab Hasbullah.

Aa Gym mengatakan salat jenazah dilakukan setelah dipastikan jenazah ditemukan "Saat ini kita minta petunjuk dari Allah terus. Supaya diberikan yang terbaik. Andaipun sudah ada Informasi, bila ada jenazah maka salatnya dilakukan sebagaimana dengan ada jenazah," tuturnya.

Sementara, KH Ghozi Wahab menambahkan jika Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril meninggal secara syahid karena itu jenazahnya harus diperlakukan sesuai tuntutan syariat.

Advertisement

 "Karena Eril itu milik Allah. Dan, meninggalnya pun syahid. Syahid ukhrawi. Orang yang tenggelam syahid ukhrawi. Harus dimandikan, harus dikafani, disalati (salat jenazah), kalau bisa," katanya.

Ghozi menerangkan syahid jihad berbeda dengan ukhrawi. Orang yang meninggal secara syahid jihad dilarang untuk dimandikan, disalati dan ganti pakaian, atau langsung dimakamkan.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern Swiss melaporkan jenazah Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss.

Advertisement

"Saya ingin menyampaikan kabar bahwa kepolisian Bern telah bertemu kami bersama keluarga, untuk menyampaikan informasi awal jasad yang diduga ananda Eril Pukul 11.50 WIB," kata Duta Besar Indonesia di Swiss Muliaman D Hadad, Kamis (9/6/2022).

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Sumatra Utara Jadi Jawara Pesparawi Nasional XIII

Jogja
| Senin, 27 Juni 2022, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Wisata
| Sabtu, 25 Juni 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement