Advertisement

Ini Dia Kronologi Penemuan Jasad Eril Versi Kepolisian Bern Swiss

Lukman Nur Hakim
Kamis, 09 Juni 2022 - 20:47 WIB
Arief Junianto
Ini Dia Kronologi Penemuan Jasad Eril Versi Kepolisian Bern Swiss Tim SAR Swiss mencari sosok Emmeril Khan yang hilang terseret arus Sungai Aare di Bern Swiss sejak Kamis (26/5/2022). - Dok. Kemlu.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Kedutaan Besar Rakyat Indonesia (KBRI) di Bern Swiss mengonfirmasi penemuan jenazah Emmeril Khan Mumtadz atau Eril dari laporan Kepolisian Bern.

Seperti diketahui, Kepolisian Bern dalam keterangan resminya memaparkan bahwa pada Rabu (8/6/2022) pagi, seorang pria tak bernyawa diselamatkan di Bendungan Engehalde di Bern. Jenazah merupakan WNI yang mengalami kecelakaan di kawasan Aare pada 26 Mei 2022.
 
“Ahli dari polisi maritim Bern dapat menemukan mayat di cekungan limpahan bendungan dan kemudian menyelamatkannya dan dipastikan pria itu sudah mati,” demikian keterangan resmi yang dikutip, Kamis (9/6/2022).

BACA JUGA: Breaking News! Jenazah Anak Ridwan Kamil, Eril Ditemukan

Dari pemeriksaan forensik yang dilakukan, diketahui bahwa jenazah merupakan Emmeril Kahn Mumtadz yang hilang di Aare sejak Kamis (26/5/2022).
 
“Pria berusia 22 tahun itu pergi berenang di sungai dan mengalami keadaan darurat. Dia tenggelam akibat kecelakaan ini,” imbuh laporan itu.
 
Adapun, pihak kepolisian memastikan bahwa sejak Eril hilang, tindakan pencarian intensif telah dilakukan dari darat dan air, termasuk dengan mengerahkan drone, perahu, penyelam, dan anjing pelacak.
 
“Semua penyelidikan sekarang selesai.”

BACA JUGA: Awal Mula Rencana Tiket Candi Borobudur Jadi Rp750.000 Ternyata Terkait dengan Tol Jogja-Semarang

Sementara itu, Duta Besar untuk Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad mengonfirmasi kabar mengenai penemuan jenazah Eril diperoleh dari pihak kepolisian.

“Pihak polisi Swiss mengkofirmasi jika jasad yang ditemukan adalah eril,” ujar Muliaman.

Jasad tersebut berhasil dikonfirmasi setelah tim forensik dari kepolisian Swiss melakukan penelusuran DNA untuk menyamakan dengan DNA keluarga Ridwan Kamil. Hasilnya jasad tersebut adalah jasad Eril.

Pihak kepolisian juga sudah menyerahkan berkas ke pengadilan di Swiss sebagai prosedur untuk memulangkan jasad ke keluarga. Berkas yang dikirimkan oleh kepolisan Swiss itu sudah disepakati oleh pengadilan untuk mengambil jasad dari Eril.

“Sekitar dua jam yang lalu pengadilan memberikan kewewanagan (bagi keluarga) untuk mengambil jasad Eril,” ucap Muliaman.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

60 Komunitas Penanggulangan Bencana Peroleh Pembinaan BPBD Sleman

Sleman
| Sabtu, 02 Juli 2022, 14:07 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement