Advertisement

Anaknya Belum Ditemukan, Beredar Rekaman Suara Ridwan Kamil Susuri Sungai Aare Sampai Malam

Wisnu Wage Pamungkas
Kamis, 02 Juni 2022 - 15:37 WIB
Bhekti Suryani
Anaknya Belum Ditemukan, Beredar Rekaman Suara Ridwan Kamil Susuri Sungai Aare Sampai Malam Gubernru Jawa Barat Ridwan Kamil (bertopi putih) memantau pencaian anak sulungta Emmeril Khan yang terseret arus Sungai Aare di Bern Swiss pada Kamis (26/5/2022). - Dok. Kedubes RI di Swiss.

Advertisement

Harianjogja.com, BANDUNG - Rekaman suara menceritakan kondisi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan istrinya, Atalia Praratya yang tegar setelah anak sulungnya, Emmeril Khan hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss.

Rekaman itu beredar di kalangan wartawan dan di sosial media.

Advertisement

Dalam rekaman berdurasi 4 menit yang beredar sejak Rabu (1/6/2022) malam, suara perempuan memberikan kesaksian pada adik kandung Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman bagaimana Ridwan Kamil dan Atalia menghadapi musibah yang menimpa Eril.

"Saya ingin bercerita tentang update yang sedikit tapi mungkin bisa jadi semangat buat semuanya," katanya.

Selama mendampingi Ridwan Kamil dan Atalia, dia menyaksikan ketabahan dan ketawakalan dari keluarga menyikapi musibah.

"Masya Allah, saya menyaksikan figur pasangan suami istri yang saling menguatkan di situasi yang luar biasa berat. Sejak awal kondisi terjadi, saya melihat seorang ibu yang sangat tawakal dan berserah dengan ikhtiar yang luar biasa secara fisik, mental, dan doa. Beliau terus menyusuri sungai seharian sampai malam gelap," ungkapnya.

Bahkan, pada saat banyak pihak melemparkan sentimen negatif atas kejadian itu, keduanya tetap kompak dan tidak saling menyalahkan.

"Orang banyak mempertanyakan, banyak memberikan pernyataan, bahkan yang lebih buruk banyak juga yang menjadi kejadian saling menyalahkan, tapi Masya Allah mereka berdua luar biasa kompak. Untuk itu saya juga melihat ketawakalan ini menjadi inspirasi buat kami yang mendampingi," tuturnya.

Ridwan Kamil sempat meminta seluruh rombongan untuk berkumpul. Di sana, dia mengungkapkan perasaannya dalam menghadapi ujian hidup yang sangat berat.

Advertisement

"Tadi sore di depan halaman KBRI Bapak Ridwan Kamil mengumpulkan kami semua yang ada di lokasi untuk menceritakan bagaimana perasaan beliau, harapan beliau, di momen itu juga beliau bersama-sama berpelukan bersama, Bu Atalia dan anak perempuannya," katanya.

BACA JUGA: Hari ke-6 Pencarian Eril, Tim Tambah Metode Penyisiran Sungai

"Pada momen itu sungguh menunjukkan ketangguhan dan kekuatan mereka bersama. Keikhlasan dan ketawakalan yang dilaksanakan hari ini membuat kami yang ada di sini juga optimistis dan juga berbaik sangka terhadap takdir Allah," jelasnya.

Advertisement

Saat dikonfirmasi, kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, membenarkan jika rekaman suara itu berasal dari salah seorang kerabat yang ikut dalam rombongan keluarga di Swiss sejak awal.

Rekaman itu, sebetulnya diperuntukkan untuk menjawab keresahan keluarga besar. Rekaman suara itu pun telah diperdengarkan kepada seluruh keluarga saat pengajian dan doa bersama dua hari lalu.

"Voice note itu sebenarnya dari kerabat yang memang bersama dalam perjalanan Teh Lia. Jadi isinya memang benar, kita minta kerabat kita untuk menyampaikan kondisi Kang Emil sama Teh Lia (Atalia) itu seperti apa. Keluarga khawatir, jadi kita sempat minta penjelasan tentang kondisi agar bisa didengar oleh seluruh kerabat," kata Erwin, Kamis (2/6/2022).

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Donor Darah Siang Ini di Jogja, Cek Lokasinya..

Jogja
| Selasa, 28 Juni 2022, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Wisata
| Sabtu, 25 Juni 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement