Advertisement

Gelombang ke-28 Resmi Dibuka, Ini Tips Lolos Program Kartu Prakerja

Ni Luh Anggela
Selasa, 10 Mei 2022 - 22:37 WIB
Arief Junianto
Gelombang ke-28 Resmi Dibuka, Ini Tips Lolos Program Kartu Prakerja Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). - ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Program Kartu Prakerja gelombang ke-28  resmi dibuka pada Selasa (10/5/2022).

Hal tersebut diumumkan langsung oleh tim Kartu Prakerja melalui akun Instagram resmi mereka @prakerja.go.id.

"Gelombang 28 yuk dibuka yuk! Share ke FB dan IG Story kalian ya #SiapDariSekarang," tulis mereka, dikutip Selasa.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Bagi Anda yang belum lolos pendaftaran hingga gelombang 27 kemarin, simak tip berikut ini agar lolos program Kartu Prakerja gelombang 28.

1. Penuhi semua syarat yang ada

Program Kartu Prakerja terbuka bagi semua Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Kendati demikian, bagi anda yang menyandang status sebagai pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, aparatur sipil negara (ASN), prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa, direksi, komisaris, dewan pengawas pada BUMN atau BUMD tidak diperkenankan mengikuti program ini.

Syarat lainnya, calon peserta tidak terdaftar sebagai penerima bantuan dari pemerintah, seperti Bantuan Sosial Kementerian Sosial (DTKS), penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau penerima Kartu Prakerja gelombang sebelumnya.

Selain itu, dalam satu Kartu Keluarga (KK), hanya dibatasi dua anggota keluarga yang dapat menjadi peserta Kartu Prakerja.

2. Gunakan surel dan nomor ponsel aktif saat mendaftar

Pastikan e-mail dan nomor handphone anda yang digunakan untuk mendaftar masih aktif. Ini perlu, lantaran verifikasi akun dan setiap informasi akan disampaikan melalui e-mail dan SMS.

Advertisement

3. Pastikan data saat mendaftar sesuai dengan data Disdukcapil

Apabila data anda tidak sesuai, anda bisa menghubungi Dukcapil melalui telepon 1500537, Whatsapp/SMS 08118005373, e-mail ke [email protected], atau kunjungi kantor Dukcapil terdekat untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

4. Unggah foto KTP yang jelas

Gunakan kamera handphone anda saat akan mengunggah foto KTP, bukan dari galeri. Jika Anda mendaftar melalui komputer, maka lanjutkan pendaftaran melalui browser handphone anda.

5. Verifikasi foto wajah

Kebanyakan calon peserta seringkali mengeluhkan tahap verifikasi foto wajah. Ini, lantaran calon peserta banyak yang gagal saat melakukan verifikasi foto wajah.

Advertisement

Agar berhasil pada tahap ini, ambil swafoto atau selfie dengan kamera handphone. Pastikan wajah anda terlihat jelas dengan pencahayaan yang cukup.

Jangan menggunakan aksesoris seperti topi, kacamata, masker, KTP dan lainnya.

Terakhir, izinkan situs perambah untuk mengetahui lokasi Anda. Caranya, dengan tap tombol allow atau izinkan ketika notifikasi muncul.

Selamat mencoba!

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Belasan Ternak di Gunungkidul Mati Diserang Hewan Liar, Warga Diminta Bikin Kandang Model Panggung

Gunungkidul
| Kamis, 29 September 2022, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement