Advertisement

Pulau Ular Memanas, Rusia Tembak Jatuh 4 Pesawat Ukraina

Edi Suwiknyo
Selasa, 10 Mei 2022 - 10:47 WIB
Galih Eko Kurniawan
Pulau Ular Memanas, Rusia Tembak Jatuh 4 Pesawat Ukraina Foto yang diabadikan pada 21 April 2022 ini menunjukkan pemandangan pabrik Azovstal di kota pelabuhan Mariupol. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Rusia menuding Amerika Serikat dan Inggris terlibat dalam upaya pasukan Ukraina untuk merebut Pulau Ular yang merupakan salah satu obyek strategis di Laut Hitam.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov memaparkan bahwa selama dua hari terakhir, rezim Kiev telah melakukan serangan udara dan laut di Pulau Zmeiny, yang penting untuk memastikan kendali bagian barat laut Laut Hitam.

Advertisement

"Sebagai hasil dari tindakan kompeten unit angkatan bersenjata Rusia yang berlokasi di pulau itu, provokasi Ukraina digagalkan. Musuh menderita kerugian besar," ungkap Igor dilansir dari laman resmi Kemhan Rusia, Selasa (10/5/2022).

Igor menambahkan pihaknya berhasil memukul mundur serangan di daerah Zmeinoye. Akibat serangan balik itu empat pesawat Ukraina ditembak jatuh yakni tiga Su-24 dan satu Su-27, termasuk tiga helikopter Mi-8 dengan pasukan di dalamnya, dan satu helikopter Mi-24. 

Pasukan Rusia dalam dua hari ini, lanjut Igor, juga menembak jatuh 29 kendaraan udara tak berawak Ukraina, termasuk delapan serangan "Bayraktar TB-2". Pada saat yang sama, empat kendaraan udara tak berawak Bayraktar ditembak jatuh sore ini.

Sementara itu, selama percobaan pendaratan pada malam 8 Mei, tiga kapal serbu lapis baja Ukraina dari proyek 58181 "Centaur" dihancurkan dengan personel militer Angkatan Laut Ukraina.

"Sebagai akibat dari provokasi Zelensky yang ceroboh, lebih dari 50 penyabot Ukraina dihancurkan di laut dan di pantai selama pendaratan dan upaya untuk berkonsolidasi di pulau itu. Di pantai Pulau Zmeiny, 24 mayat prajurit Ukraina yang tewas tetap ada," ujarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement