Advertisement

Ukraina Butuh Rp101 Triliun per Bulan untuk Pemulihan akibat Perang

Nindya Aldila
Minggu, 24 April 2022 - 13:37 WIB
Budi Cahyana
Ukraina Butuh Rp101 Triliun per Bulan untuk Pemulihan akibat Perang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memberikan keterangan melalui video yang diunggah di Facebook

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Ukraina meminta kepastian dari negara yang menjanjikan bantuan pada pertemuan musim semi International Monetary Fund (IMF) dan World Bank untuk memulihkan negara yang diamuk perang. Ukraina sekitar US$5 miliar - US$7 miliar atau sekitar Rp72 triliun hingga Rp101 triliun per bulan.

Wakil Gubernur Bank Sentral Ukraina Sergiy Nikolaychuk mengatakan kendati kebutuhannya besar, jumlah yang dijanjikan negara maju masih belum jelas. Selain itu, merealisasikan janji tersebut memang membutuhkan upaya yang besar.

Advertisement

Bantuan tersebut bisa dalam banyak bentuk berupa uang tunai untuk pengeluaran pemerintah, bantuan militer, bantuan kemanusiaan, atau dana untuk para pengungsi.

"Ada banyak janji, ada banyak jaminan. Namun, untuk mewujudkannya menjadi dukungan keuangan yang nyata, tentu ada banyak PR yang harus dilakukan oleh mitra kami," ujar Nikolaychuk di Washington seperti dikutip Bloomberg pada Minggu (24/2/2022).

Sebelumnya, Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal mengatakan Ukraina membutuhkan US$600 miliar untuk membangun kembali dan bertransformasi ke masa depan.

Dalam sesi World Bank pada Kamis, dia menyerukan anggota negara IMF mendonasikan sekitar 10 persen cadangan mereka atau disebut special drawing rights (SDR) yang didapat dari lembaga internasional itu.

Namun, sejumlah bank sentral memang tidak memiliki ketentuan untuk meminjamkan SDR.

Dia juga menambahkan, aset Rusia di AS, Kanada, dan Uni Eropa seharusnya bisa digunakan untuk membangun kembali properti yang dihancurkan oleh Rusia.

Sementara itu, Presiden World Bank David Malpass mengatakan bahwa prioritas pembiayaan kepada Ukraina harus bisa memenuhi kebutuhan sehingga meminimalisir beban utang.

Belum lama ini, Bank Dunia telah meneken pinjaman darurat senilai US$1,4 miliar kepada Ukraina.

“Jelas bahwa perang menghambat pada keberlanjutan utang kami. Semakin lama perang berlangsung, semakin sulit bagi kami untuk dapat membayar utang kami," kata Nikolaychuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LKPJ Gubernur DIY 2023, DPRD Beri Catatan soal Penurunan Kemiskinan Belum Capai Target

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement