Advertisement

Ini Alasan Pemudik Harus Segera Vaksinasi Booster Sebelum Mudik Lebaran

Anshary Madya Sukma
Jum'at, 15 April 2022 - 14:27 WIB
Bhekti Suryani
Ini Alasan Pemudik Harus Segera Vaksinasi Booster Sebelum Mudik Lebaran Tenaga kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga calon penerima vaksin COVID-19 dosis ketiga saat vaksinasi COVID-19 penguat (booster) di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Jakarta, Rabu (12/1/2022). Pemerintah memulai program vaksinasi COVID-19 penguat secara gratis kepada masyarakat umum yang berusia 18 tahun ke atas dengan kelompok prioritas penerima vaksin adalah orang lanjut usia (lansia) dan penderita imunodefisiensi (melemahnya sistem imun). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar - wsj.

Advertisement

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan meminta masyarakat agar tidak menunda vaksinasi dosis ketiga atau booster agar terciptanya antibodi saat mudik Lebaran berlangsung.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi menyatakan bahwa antobodi ini akan terbentu pada 1-2 minggu pasca penyuntikkan vaksin booster.

Advertisement

“Kita mengimbau kepada masyarakat kalau kita mau mudik nyaman dan aman hendaknya segera vaksin booster, jangan dipaksain vaksinasi booster pada saat mudik sehingga menghindari penumpukan keramaian di tempat vaksin,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (15/4/2022). 

Bagi masyarakat yang belum sempat melakukan vaksin booster, Kemenkes RI akan menyiapkan pos layanan vaksin dititik-titik tertentu.

Untuk penentuan pos yang melayani vaksin booster Kemenkes akan bekerjasama dengan pihak terkait seperti, Kementerian Perhubungan, TNI, dan Polri.

BACA JUGA: Banyak Bunuh Diri di Gunungkidul, Ratusan Santri Gelar Doa  

Nadia juga memberikan informasi mengenai besaran jumlah dosis yang akan diedarkan pada pos mudik. Dia mengatakan untuk hal ini dibedakan menjadi pos mudik besar dan kecil. Untuk pos mudik besar akan ada 1.000 dosis dan pos kecil sekitar 150-300 dosis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement