Advertisement

Pemudik Lebaran 2022 Wajib Penuhi Syarat Ini!

Jaffry Prabu Prakoso
Kamis, 24 Maret 2022 - 13:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pemudik Lebaran 2022 Wajib Penuhi Syarat Ini! Penumpang kereta api Sawunggalih dari Kutoarjo tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (3/1/2022). ANTARA FOTO - Rivan Awal Lingga

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemerintah memperbolehkan mudik atau pulang kampung pada perayaan Idulfitri 2022 dengan beberapa syarat.

“Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik Lebaran juga dipersilakan, dengan syarat sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali [vaksin] booster,” kata Presiden dalam konferensi pers daring, Rabu malam (23/3/2022).

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan agar masyarakat yang mudik Lebaran tetap menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19, khususnya varian Omicron.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Menurut Jokowi, alasan pemerintah mengizinkan aktivitas mudik pada tahun ini karena mempertimbangkan situasi pandemi Covid-19 di Indpnesia yang terus membaik.

Selain mengizinkan mudik, pemerintah juga melonggarkan aturan ibadah pada saat bulan Ramadan.

Baca juga: Ngeri! Daging Sapi Tembus Rp140.000 per Kilo

“Tahun ini umat muslim dapat salah tarawih di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar Jokowi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksinasi lengkap, termasuk booster, menjadi syarat mudik Lebaran tahun ini.

Dia mengungkapkan Presiden Jokowi melihat ada dampak negatif jika masyarakat tidak lengkap vaksin, terutama bagi orang tua. Padahal mereka yang menjadi sasaran anak-anaknya melakukan mudik.

Advertisement

“Oleh karena itu, beliau [Presiden] menyarankan kalau mau mudik itu sebaiknya di-booster supaya memperkecil risiko orang yang dikunjungi. Nanti malah terkena. Kalau yang booster-nya lengkap itu tidak usah tes,” katanya pada konferensi pers virtual, Rabu (23/3/2022).

Dengan demikian, bagi masyarakat yang belum vaksinasi booster, diwajibkan untuk melakukan tes antigen. Untuk mempermudah masyarakat, Pemerintah nantinya juga akan menyediakan tempat untuk layanan vaksinasi gratis.

Fasilitas vaksinasi tersebut, ujarnya, akan tersedia di fasilitas-fasilitas angkutan umum dan beberapa pos mudik. Tujuannya pelaksanaan vaksin bisa dilakukan segera.

Advertisement

“Tapi kalau dia baru satu kali vaksinasi, dia harus tesnya PCR. Tapi tetap nanti akan ada tempat-tempat khusus baik di angkutan umum maupun beberapa pos. Kalau mau naik angkutan pribadi bisa juga disuntik keduanya lengkapnya di sana,” ujar Menkes.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja-Solo Hari Ini, Bayar Tiket Bisa Pakai GoPay

Jogja
| Rabu, 28 September 2022, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement