Advertisement

Covid-19 Melandai, UGM Siapkan Agenda UTS Luring

Galih Eko Kurniawan
Minggu, 20 Maret 2022 - 17:07 WIB
Galih Eko Kurniawan
Covid-19 Melandai, UGM Siapkan Agenda UTS Luring Sejumlah peserta mengikuti pelaksanaan UTBK hari pertama di UGM, Senin (12/4 - 2021)/Dokumentasi Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Melandainya kasus Covid-19 membuat Universitas Gadjah Mada menyiapkan agenda pelaksanaan ujian tengah semester (UTS) dengan sistem luring.

Rektor UGM Profesor Panut Mulyono menuturkan dengan menurunnya kasus Omicron yang dinilai cukup signifikan ini, UGM segera memberlakukan perkuliahan tatap muka dengan intensitas yang lebih banyak daripada perkuliahan daring.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Pada tengah semester ini, nantinya beberapa fakultas sudah menyelenggarakan ujian luring secara penuh, seperti di Fakultas Teknik. Pelaksanaan UTS dikonsep luring karena secara teknis sama persis dengan masa normal sebelum ada pandemi Covid-19.

“Bangku-bangku dikasih jarak sehingga jumlah mahasiswa dalam satu kelas akan dipecah menjadi dua kelas. Bedanya ketika dulu [sebelum pandemi] tidak memakai masker, sekarang memakai masker dan ada sampling antigen,” ujarnya seusai acara mancing bareng UGM dengan jurnalis di kompleks Pusat Inovasi Agroteknologi UGM, Berbah, Sleman, Minggu (20/3/2022).

Setelah selesai UTS, pada semester kedua nanti diusahakan diperbanyak kuliah luring alias tatap muka. Konsep pelaksanaannya sudah ada karena sebenarnya tujuh pekan lalu UGM memiliki perencanaan kuliah tatap muka.

Namun, rencana itu diurungkan akibat meningkatkan kasus Covid-19 varian Omicron sehingga UGM memutuskan untuk mengubahnya lagi menjadi daring. “Perkuliahan memang diarahkan ke luring karena bagaimanapun, interaksi dosen dengan mahasiswa itu penting walaupun nantinya ada bauran luring dengan daring 50 persen-50 persen,” ujar Panut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Padat Karya Bantul Berdayakan Warga Miskin di 70 Kalurahan

Bantul
| Kamis, 09 Februari 2023, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement