Advertisement

11 Bencana Alam Paling Mematikan dalam Sejarah Bumi, di China Paling Mengerikan

Mia Chitra Dinisari
Jum'at, 04 Maret 2022 - 21:37 WIB
Bhekti Suryani
11 Bencana Alam Paling Mematikan dalam Sejarah Bumi, di China Paling Mengerikan Tsunami Aceh

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Setiap tahun, beberapa bencana alam paling mematikan - gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, tsunami, banjir, kebakaran hutan dan kekeringan, rata-rata membunuh hampir 60.000 orang, menurut Global Change Data Lab. Namun, ada 11 bencana alam paling mengerikan di dunia.

Bencana alam telah menjadi fakta kehidupan manusia sejak awal umat manusia, tetapi jumlah kematian yang paling kuno dari bencana ini hilang dari sejarah. Pulau kuno Mediterania Thera (sekarang Santorini, Yunani), misalnya, mengalami letusan gunung berapi dahsyat yang memusnahkan seluruh peradaban Minoa sekitar tahun 1600 SM, menurut sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academies of Sciences. Tapi tepatnya berapa banyak nyawa yang hilang? Kita tidak akan pernah tahu.

Advertisement

Namun, berkat catatan dan jurnal sejarah, sejarawan setidaknya bisa memperkirakan jumlah korban jiwa terkait dengan bencana yang terjadi di era bersama.

Menurut catatan tersebut, bencana alam berikut adalah yang paling mematikan sepanjang masa, peringkat dari perkiraan korban tewas terendah hingga tertinggi dilansir dari Livescience:

11. Gempa Bumi Aleppo 1138 Masehi

Pada 11 Oktober 1138, tanah di bawah kota Aleppo di Suriah mulai bergetar. Kota ini terletak di pertemuan lempeng Arab dan Afrika, membuatnya rentan terhadap gempa, tetapi yang satu ini sangat ganas. Besarnya gempa hilang seiring waktu, tetapi penulis sejarah kontemporer melaporkan bahwa benteng kota runtuh dan rumah-rumah runtuh di Aleppo.

Korban tewas yang dihasilkan diperkirakan sekitar 230.000, tetapi angka itu berasal dari abad ke-15, dan sejarawan yang melaporkannya mungkin telah menyamakan gempa Aleppo dengan gempa yang terjadi di tempat yang sekarang menjadi negara Eurasia modern di Georgia, menurut sebuah makalah tahun 2004 dalam jurnal Annals of Geophysics.

Namun, jumlah korban tewas ini mengikat peristiwa ini sebagai bencana alam paling mematikan ke-10 sepanjang masa.

10. Gempa dan Tsunami Laut India 2004

Berada di urutan ke-10 adalah bencana gempa bumi berkekuatan 9,1 yang melanda bawah laut di lepas pantai barat Sumatera, Indonesia, pada 26 Desember 2004. Gempa tersebut menciptakan tsunami besar yang menewaskan sekitar 230.000, dan menelantarkan hampir 2 juta orang di 14 Asia Selatan. dan negara-negara Afrika Timur.

Bergerak secepat 500 mph (804 kph), tsunami mencapai daratan hanya dalam waktu 15 sampai 20 menit setelah gempa melanda, memberikan sedikit waktu bagi penduduk untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

BACA JUGA: 15 Objek Wisata yang Instagramable di Jogja, Cocok Mengisi Weekendmu

Di beberapa tempat, terutama Indonesia yang paling parah dilanda, gelombang tsunami mencapai lebih dari 100 kaki (30 meter), menurut World Vision, sebuah organisasi bantuan kemanusiaan. Kerusakan akibat gempa dan tsunami diperkirakan mencapai $10 miliar dolar.

Peristiwa ini dianggap sebagai gempa bumi terbesar ketiga di dunia sejak 1900, dan tsunaminya telah menewaskan lebih banyak orang daripada tsunami lainnya dalam sejarah, menurut Pusat Informasi Lingkungan Nasional NOAA.

9. Gempa Tangshan 1976

Pada pukul 3:42 pagi pada tanggal 28 Juli 1976, kota Tangshan di China rata dengan tanah oleh gempa bumi berkekuatan 7,8 skala richter, menurut sebuah laporan oleh US Geological Survey (USGS). Tangshan, sebuah kota industri dengan populasi sekitar 1 juta pada saat bencana, menderita korban yang mengejutkan lebih dari 240.000.

Meskipun ini adalah angka kematian resmi, beberapa ahli menyarankan jumlah ini terlalu diremehkan dan bahwa korban jiwa kemungkinan mendekati 700.000. Dilaporkan, 85% bangunan Tangshan runtuh, dan getaran terasa di Beijing, Cina, lebih dari 100 mil (180 km) jauhnya. Butuh beberapa tahun sebelum kota Tangshan dibangun kembali ke kejayaannya sebelumnya.

8 Gempa Antiokh 526 Masehi

Seperti semua bencana yang terjadi ribuan tahun yang lalu, jumlah korban tewas yang tepat untuk gempa Antiokhia sulit didapat. Penulis sejarah kontemporer John Malalas menulis pada saat itu bahwa sekitar 250.000 orang tewas ketika gempa melanda kota Kekaisaran Bizantium (sekarang Turki dan Suriah) pada Mei 526.

Malalas menghubungkan bencana itu dengan murka Tuhan dan melaporkan bahwa kebakaran menghancurkan segala sesuatu di Antiokhia. Menurut sebuah makalah tahun 2007 di The Medieval History Journal, jumlah korban tewas lebih tinggi daripada waktu-waktu lain dalam setahun karena kota itu penuh dengan turis yang merayakan Hari Kenaikan – hari raya Kristen yang memperingati kenaikan Yesus ke surga.

7. Gempa Bumi Haiyuan 1920

“Gempa Haiyuan adalah gempa terbesar yang tercatat di China pada abad ke-20 dengan magnitudo dan intensitas tertinggi," kata Deng Qidong, ahli geologi dari Chinese Academy of Sciences, dalam sebuah seminar pada 2010.

Gempa bumi, yang melanda Kabupaten Haiyuan di Tiongkok tengah utara pada 16 Desember 1920, juga mengguncang Provinsi Gansu dan Shaanxi yang bertetangga. Itu dilaporkan 7,8 pada skala Richter, namun, China hari ini mengklaim itu berkekuatan 8,5. Ada juga perbedaan dalam jumlah nyawa yang hilang.

USGS melaporkan total korban 200.000, tetapi menurut sebuah studi 2010 oleh seismolog Cina, jumlah korban tewas bisa mencapai 273.400. Deposit tinggi tanah lepas di kawasan itu (sedimen berpori dan berlumpur yang sangat tidak stabil) memicu tanah longsor besar-besaran yang bertanggung jawab atas lebih dari 30.000 kematian ini, menurut sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Landslides.

6. Siklon Coringa 1839

Topan Coringa mendarat di kota pelabuhan Coringa di Teluk Bengal India pada 25 November 1839, menimbulkan gelombang badai setinggi 40 kaki (12 m), menurut Divisi Penelitian Badai Laboratorium Oseanografi Atlantik dan Meteorologi NOAA.

Kecepatan dan kategori angin topan tidak diketahui, seperti halnya banyak badai yang terjadi sebelum abad ke-20. Sekitar 20.000 kapal dan kapal hancur, bersama dengan nyawa sekitar 300.000 orang.

5. Topan Haiphong 1881

Mengikat topan Coringa sebagai bencana alam paling mematikan keenam adalah topan 1881 yang melanda kota pelabuhan Haiphong di timur laut Vietnam pada 8 Oktober. Badai ini juga diyakini telah menewaskan sekitar 300.000 orang.

BACA JUGA: Jangan Samakan Nyi Roro Kidul dangan Nyi Blorong, Ini Bedanya..

4. Gempa Bumi Haiti 2010

Tim penyelamat membawa mayat yang baru saja digali dari puing-puing di Port-au-Prince, 14 Januari 2010, setelah gempa dahsyat berkekuatan 7,0.

Gempa berkekuatan 7,0 skala Richter yang melanda Haiti di barat laut Port-au-Prince pada 12 Januari 2010, menempati urutan sebagai salah satu dari tiga gempa paling mematikan sepanjang masa. Haiti berdiri sebagai salah satu negara termiskin di Belahan Barat dan sejarah terbatas gempa bumi besar membuatnya sangat rentan terhadap kerusakan dan hilangnya nyawa. Sebanyak 3 juta orang terkena dampak gempa.

Perkiraan jumlah korban tewas ada di mana-mana; awalnya, pemerintah Haiti memperkirakan kematian mencapai 230.000 orang, tetapi pada Januari 2011, para pejabat merevisi angka itu menjadi 316.000. Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Medicine, Conflict and Survival menyebutkan jumlahnya sekitar 160.000 kematian, sementara USGS mengklaim angka yang lebih rendah lagi - sekitar 100.000.

Disparitas ini mencerminkan sulitnya menghitung kematian bahkan di era modern, belum lagi pertengkaran politik yang berlangsung atas angka "resmi".

3. Siklon Bhola 1970

Penduduk desa berjalan melalui ladang ternak mati dan mencari beras dan biji-bijian lainnya untuk diselamatkan, dekat Sonapur, Pakistan Timur (kemudian Bangladesh), setelah topan besar dan gelombang pasang yang menyertainya yang menghantam daerah itu pada November 1970. Topan tropis ini menghantam tempat yang sekarang disebut Bangladesh (saat itu Pakistan Timur) pada 12-13 November 1970.

Menurut Divisi Penelitian Badai NOAA, kecepatan angin badai terkuat diukur 130 mph (205 kph), menjadikannya setara dengan Kategori 4 badai besar pada skala Badai Saffir-Simpson. Menjelang pendaratannya, gelombang badai setinggi 35 kaki (10,6 m) menyapu pulau-pulau dataran rendah yang berbatasan dengan Teluk Benggala, menyebabkan banjir yang meluas.

Gelombang badai, dikombinasikan dengan kurangnya evakuasi, mengakibatkan korban tewas besar-besaran yang diperkirakan mencapai 300.000 hingga 500.000 orang. Sebuah laporan tahun 1971 dari Pusat Badai Nasional dan Departemen Meteorologi Pakistan mengakui tantangan untuk memperkirakan secara akurat jumlah korban tewas, terutama karena masuknya pekerja musiman yang berada di daerah itu untuk panen padi.

Pada penulisan artikel ini, topan Bhola dianggap sebagai topan tropis paling mematikan yang pernah tercatat, menurut Organisasi Meteorologi Dunia. Dan itu menyebabkan kerusakan sekitar $86 miliar.

2. Gempa Bumi Shaanxi 1556

Gempa bumi paling mematikan dalam sejarah melanda provinsi Shaanxi China pada 23 Januari 1556. Dikenal sebagai "Gempa Besar Jiajing" setelah kaisar yang memerintahnya, gempa itu mengurangi petak seluas 621 mil persegi (1.000 kilometer persegi) dari negara menjadi puing-puing, menurut Museum Sains China.

Diperkirakan 830.000 orang tewas saat yaodong mereka — rumah gua yang diukir di dataran tinggi loess di kawasan itu — runtuh. Magnitudo gempa yang tepat hilang dari sejarah, tetapi ahli geofisika modern memperkirakannya sekitar magnitudo

8. Banjir Sungai Kuning 1887

Sungai Kuning (Huang He) di Cina terletak jauh di atas sebagian besar tanah di sekitarnya pada akhir tahun 1880-an, berkat serangkaian tanggul yang dibangun untuk menahan sungai saat mengalir melalui lahan pertanian di Cina tengah. Seiring waktu, tanggul-tanggul ini mengalami pendangkalan, secara bertahap mengangkat sungai ke ketinggian.

Ketika hujan deras mengguyur sungai pada bulan September 1887, sungai itu meluap ke atas tanggul-tanggul ini ke dataran rendah di sekitarnya, membanjiri 5.000 mil persegi (12.949 km persegi), menurut "Encyclopedia of Disasters: Environmental Catastrophes and Human Tragedies" (Greenwood Publishing Group , 2008). Akibat banjir ini, diperkirakan 900.000 hingga 2 juta orang kehilangan nyawa.

1. Banjir Sungai Yangtze 1931

Curah hujan yang berlebihan di Cina tengah pada bulan Juli dan Agustus 1931 memicu bencana alam paling mematikan dalam sejarah dunia — banjir Cina Tengah tahun 1931.

Sungai Yangtze meluap dari tepiannya saat pencairan salju musim semi bercampur dengan curah hujan lebih dari 24 inci (600 milimeter) yang jatuh selama bulan Juli saja. Sungai Kuning dan saluran air besar lainnya juga mencapai tingkat yang tinggi.

Menurut "The Nature of Disaster in China: The 1931 Yangzi River Flood" (Cambridge University Press, 2018), banjir menggenangi hampir 70.000 mil persegi (180.000 km persegi) dan mengubah Yangtze menjadi apa yang tampak seperti danau atau lautan raksasa. Angka pemerintah kontemporer menyebutkan jumlah kematian sekitar 2 juta, tetapi lembaga lain, termasuk NOAA, mengatakan mungkin sebanyak 3,7 juta orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Baliho Menjamur di Jalanan Sleman, Lurah Banyurejo Siap Maju di Pilkada 2024

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement