Advertisement

Ini Arti dan Filosofi Nama Nusantara Ibu Kota Negara Baru di Kaltim

Rahmad Fauzan
Senin, 17 Januari 2022 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
Ini Arti dan Filosofi Nama Nusantara Ibu Kota Negara Baru di Kaltim Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi sejumlah pejabat terkait melihat peta kawasan salah satu lokasi calon ibu kota negara saat peninjauan di Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Rabu (8/5/2019). - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menyampaikan kepada jajaran menterinya, bahwa Ibu Kota Negara (IKN) baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, diberi nama Nusantara.

Informasi tersebut disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Saya baru mendapatkan konfirmasi dari Bapak Presiden Jokowi pada Jumat (14/1/2022) dan beliau mengatakan Ibu Kota Negara (IKN) ini namanya Nusantara," kata Suharso dalam Rapat Panitia Kerja (Panja) Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/1/2022).

Alasan pemilihan nama Nusantara untuk Ibu Kota Negera yang baru, jelas Suharso, adalah popularitas dari istilah tersebut pada masa lalu sebagai ikon di dunia internasional. Selain itu, nama Nusantara menggambarkan kenusantaraan bangsa Indonesia.

BACA JUGA: Nama Ibu Kota Indonesia yang Baru adalah Nusantara

Dosen Sejarah Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Silverio R. L. Aji Sampurno menyebut penamaan Nusantara terhadap Ibu Kota Negara baru sebagai gambaran kenusantaraan, secara filosofi relevan dengan arti yang sebenarnya dari istilah tersebut.

"Kemungkinan mengapa menggunakan istilah Nusantara, karena ada filsafat pemersatunya di balik nama Nusantara. Seperti yang dituliskan Gadjah Mada dalam Sumpah Palapa-nya," kata Rio ketika dihubungi, Senin (17/1/2022).

Kendati demikian, sambungnya, penggunaan nama Nusantara di wilayah Penajam Paser Utara dinilai cukup aneh, karena wilayah tersebut bukan provinsi dengan status gugus kepulauan.

Advertisement

Sementara itu, istilah Nusantara sudah dipahami sebagai istilah untuk daerah kepulauan. Dengan kata lain, nama tersebut sangat identik dengan gugusan pulau-pulau yang jumlahnya mencapai belasan ribu.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Tekan Kenaikan Harga Jelang Nataru, Ini yang Dilakukan Disdag Gunungkidul

Gunungkidul
| Jum'at, 09 Desember 2022, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Liburan di DIY saat Akhir Tahun? Fam Trip di Lokasi-Lokasi Ini Layak Dicoba

Wisata
| Jum'at, 09 Desember 2022, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement