Jember Diguncang Gempa M 4,9 Pukul 04.59 WIB

Ilustrasi peringatan gempa
07 Januari 2022 10:07 WIB Indra Gunawan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4,9 yang mengguncang Jember, Jawa Timur pada Jumat (7/1/2022).

Gempa tersebut terjadi di kedalaman 10 kilometer sekitar pukul 04.59 WIB. Titik pusat gempa berada di 139 kilometer barat daya Jember.

BMKG melaporkan koordinat gempa berada di 9,40 Lintang Selatan (LS) dan 113,30 Bujur Timur (BT). Hingga kini belum ada informasi kerusakan akibat gempa tersebut.

"Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi," tulis @infoBMKG.

Baca juga: 12 Korban Pemerkosaan Herry Wirawan Ajukan Ganti Rugi

Gempa tersebut dirasakan dengan skala MMI I di Wonotirto, Karangrejo, Tulungagung, Boyolangu, dan Kedungwaru. Skala MMI II di Jember, Blitar, Malang, Wuluhan, Ambulu, dan skala MMI III di Puger.

Skala MMI I artinya getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luarbiasa oleh beberapa orang. Skala MMI II berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan skala MMI III yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Sumber : bisnis.com