Advertisement

Peneliti: Omicron 3 Kali Lebih Berisiko Sebabkan Infeksi Ulang daripada Delta

Ni Luh Anggela
Sabtu, 04 Desember 2021 - 13:17 WIB
Budi Cahyana
Peneliti: Omicron 3 Kali Lebih Berisiko Sebabkan Infeksi Ulang daripada Delta Covid omicron - medicalexpress

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Para ilmuwan di Afrika Selatan menyebut varian Omicron tiga kali lebih mungkin menyebabkan infeksi ulang dibandingkan dengan varian sebelumnya seperti Beta dan Delta. Temuan itu dianggapkan dalam sebuah studi pendahuluan penelitian yang diterbitkan pada Kamis (2/12/2021).

Berdasarkan analisis statistik dari sekitar 2,8 juta sampel virus corona positif di Afrika Selatan, 35.670 diantaranya diduga terinfeksi ulang, membuat para peneliti menyimpulkan bahwa mutasi Omicron memiliki ‘kemampuan substansial untuk menghindari kekebalan dari infeksi sebelumnya’.

Advertisement

Para ilmuwan mengatakan infeksi ulang memberikan penjelasan parsial tentang bagaimana varian baru telah menyebar. Mereka menemukan, peningkatan risiko terinfeksi ulang adalah ‘konsisten sementara’ dengan munculnya varian Omicron di Afrika Selatan. Demikian dilansir dari Washington Post, Jumat (3/12/2021).

Makalah tim kini telah diunggah ke server pracetak dan belum ditinjau oleh rekan sejawat.

Sementara itu, pertanyaan mengenai tingkat perlindungan yang diberikan vaksin terhadap varian baru tetap belum terjawab karena para ilmuwan tidak memiliki akses ke data vaksin.

Tetapi, seorang ahli epidemiologi yang berbasis di Afrika Selatan dan salah satu penulis studi tersebut Juliet Pulliam mengatakan bahwa vaksin kemungkinan masih menawarkan perlindungan paling efektif terhadap penyakit parah dan kematian.

Melalui akun Twitternya, Juliet menuliskan penting untuk mengetahui bahwa Omicron dapat menyebabkan lebih banyak infeksi ulang.

Kekebalan yang diperoleh dari infeksi sebelumnya telah menjadi kunci dalam membantu negara-negara seperti Afrika Selatan dan Botswana mengelola pandemi, mengingat tingkat vaksinasi di negara ini masih relatif rendah.

“Prioritas kami yang paling mendesak saat ini adalah untuk mengukur sejauh mana kekebalan Omicron lolos dari kekebalan alami dan yang didapatkan dari vaksin, serta transmisibilitasnya relatif terhadap varian lain dan dampaknya pada tingkat keparahan penyakit,” kata Harry Moultrie, seorang ahli penyakit menular yang ikut terlibat dalam penelitian tersebut, dalam sebuah pernyataan.

Varian lain juga telah diketahui menyebabkan infeksi ulang. Beberapa pasien yang terinfeksi ulang dengan varian Beta diidentifikasi di Israel awal tahun ini. Tetapi studi terbaru menunjukkan risiko relatif terinfeksi lagi tetap stabil pada varian lain, menggarisbawahi pentingnya temuan pada Omicron.

Dalam pernyataannya, Kamis (2/12) Juliet mengatakan bahwa ini berlawanan dengan ekspektasi dan pengalaman mereka dengan varian sebelumnya.

“Kami sekarang mengalami peningkatan risiko infeksi ulang yang melebihi pengalaman kami sebelumnya,” ungkapnya.

Institut Nasional untuk Penyakit Menular Afrika Selatan mengatakan pada hari Rabu (1/12) bahwa Omicron mengambil alih varian virus lain pada bulan November, terhitung 74 persen dari genom yang diurutkan bulan lalu. Sebelumnya, Delta dominan di wilayah tersebut. Jumlah kasus secara keseluruhan juga meningkat pesat selama tiga hari terakhir.

Dan mungkin, Omicron adalah varian dengan penyebaran tercepat yang pernah ada di Afrika Selatan, menurut seorang profesor kesehatan masyarakat di Universitas Stellenbosch Afrika Selatan, Tulio de Oliveira.

Saat ini, populasi Afrika yang telah divaksinasi lengkap baru mencapai 6 persen. Di Afrika Selatan, orang yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap masih di bawah 30 persen menurut Our World in Data.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Libur Lebaran Usai, Berikut Jadwal dan Tarif Terbaru Bus Damri dari Jogja ke Bandara YIA

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement